Harga Turun, Rusia Jadi Pemasok Minyak Mentah Terbesar Cina

Ilustrasi kilang minyak. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Senin, 25 Juli 2022 | 16:50 WIB

Sariagri - Rusia melampaui Arab Saudi sebagai pemasok minyak mentah terbesar ke Cina selama dua bulan terakhir. Hal tersebut dikarenakan sanksi Barat yang menyeret turun harga minyak Rusia yang mana meningkatkan daya tarik pembeli di Asia.

Mengutip Straits Times, Senin (25/7/2022), Cina mengimpor 7,3 juta ton minyak mentah dari Rusia, naik 9,5 persen dari periode yang sama pada 2021.

Impor minyak Cina melonjak 54,8 persen menjadi 8,4 juta ton pada Mei 2022. Impor minyak dari Rusia pada Mei dan Juni masing-masing 7,7 persen dan 44 persen lebih tinggi daripada dari Arab Saudi.

Arab Saudi telah lama menjadi pemasok minyak mentah terbesar ke Cina, yang disusul dengan Rusia. Namun, Arab Saudi tetap menjadi pengekspor minyak terbesar secara keseluruhan ke Cina pada paruh pertama 2022.

Harga minyak Rusia yang murah di tengah sanksi Barat akibat invasi Rusia ke Ukraina memicu pembelian lebih banyak oleh Cina, menurut JLC, penyedia informasi pasar komoditas.

Sementara harga rata-rata minyak Rusia adalah 94,60 dolar AS per barel pada Juni, 18,8 persen lebih rendah dari Arab Saudi. Menandai penurunan harga bulan kedua berturut-turut, data bea cukai menunjukkan.

Baca Juga: Harga Turun, Rusia Jadi Pemasok Minyak Mentah Terbesar Cina
Krisis Sri Lanka, Menteri Energi Peringatkan Stok Bensin Hampir Habis

Uni Eropa memberlakukan embargo pada minyak mentah dan produk minyak Rusia, dengan mengatakan bahwa sanksi tersebut akan memotong sekitar dua pertiga pasokan minyak Rusia ke Uni Eropa. Rusia melakukan reorientasi ekspor minyak dan gas dari Eropa ke Asia, terutama India dan Cina.

Impor minyak Cina secara keseluruhan turun 3,1 persen pada paruh pertama karena permintaan yang lesu di tengah lambatnya pertumbuhan ekonomi yang disebabkan oleh lockdown COVID-19. Pada Juni, impor minyak mentah turun 10,6 persen year-on-year menjadi 35,8 juta ton, turun 22 persen dari bulan sebelumnya.