5 Negara dengan Cadangan Minyak Terbesar di Dunia

Ilustrasi kilang minyak. (Foto: Unsplash)

Penulis: Putri, Editor: Dera - Senin, 8 Agustus 2022 | 14:00 WIB

Sariagri - Minyak mentah adalah sumber utama bahan bakar dunia dan menjadi sumber energi primer terbesar secara keseluruhan. Pada 2020, dunia menggunakan sekitar 88,6 juta barel minyak per hari, yang merupakan 30,1 persen dari energi primer dunia.

Dari minyak mentah, kita mendapatkan bensin, bahan bakar jet, solar, aspal, tar, dan minyak pelumas. Sumber minyak mentah terdapat di negara tertentu yang dapat diperoleh kembali dengan teknologi dan biaya yang layak secara finansial.

Mengutip World Population Review, berikut negara dengan cadangan minyak terbesar di dunia.

1. Venezuela

Venezuela memiliki 300 miliar barel cadangan minyak mentah. Oleh sebab itu, Venezuela menjadi negara nomor satu di dunia yang kaya akan cadangan minyak mentah dan menyumbang sekitar 18,2 persen dari total cadangan minyak dunia.

Mengutip situs World 0 Meter, Venezuela memiliki cadangan setara dengan 1.374,2 kali konsumsi tahunannya. Ini berarti, tanpa Ekspor Neto, akan ada sekitar 1.374 tahun minyak tersisa.

Terlepas dari pasokan sumber daya alam Venezuela yang sangat besar, negara itu masih berjuang secara ekonomi. Venezuela dan Arab Saudi memiliki populasi yang sebanding namun ekonomi Arab Saudi dua kali lebih besar. Salah satu alasan utama adalah aksesibilitas cadangan minyak masing-masing negara.

2. Arab Saudi

Pengekspor minyak terbesar dunia, Arab Saudi, memiliki sekitar 15 persen hingga 17 persen cadangan minyak dunia. Seperti kebanyakan negara Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), ekonomi Arab Saudi sangat berpusat di sekitar minyak.

Industri minyak dan gas menyumbang sekitar 50 persen dari produk domestik bruto (PDB) negara dan 70 persen dari pendapatan ekspornya. Arab Saudi juga mengekspor gas alam, emas, bijih besi, dan tembaga.

3. Kanada

Kanada adalah salah satu pemasok utama minyak mentah ke pasar internasional. Negara ini menghasilkan 4,6 juta barel minyak mentah per hari. Terdapat 168 miliar barel cadangan minyak mentah di mana 164 miliar barel di antaranya dalam bentuk pasir minyak.

Mengutip situs resmi Pemerintah Kanada, pada 2018, 96 persen ekspor minyak mentah Kanada ke AS dan 4 persen ke Eropa, Asia, dan Karibia. Dengan demikian, Kanada menjadi pemasok minyak mentah asing terbesar ke AS, menyumbang 48 persen dari total impor minyak mentah AS dan 22 persen dari asupan minyak mentah kilang AS.

Lewat CanmetENERGY, Kanada melakukan penelitian energi bersih dan pengembangan teknologi. Organisasi ilmu pengetahuan dan teknologi energi terbesar ini bekerja untuk memastikan bahwa Kanada tetap memiliki teknologi energi bersih untuk mengurangi dampak tanah, udara, dan air dari pengembangan bahan bakar fosil.

4. Iran

Iran memiliki 157 miliar barel cadangan minyak dan menyumbang sekitar 9,5 persen dari total cadangan minyak dunia. Pada 2019, Menteri Perminyakan Iran Bijan Namdar Zanganeh mengatakan bahwa terdapat ladang minyak baru dan menambah cadangan minyak sebesar 22,2 miliar barel.

Sebelumnya, Presiden Iran Hassan Rouhani juga mengumumkan temuan ladang minyak di bagian barat daya Iran yang menambah cadangan minyak Iran hingga 53 miliar. Ia menyebut temuan tersebut sebagai "hadiah kecil dari pemerintah kepada rakyat Iran."

Baca Juga: 5 Negara dengan Cadangan Minyak Terbesar di Dunia
Dihantam Krisis Energi, Pasar Gelap BBM Makin Marak di Negara Ini

5. Irak

Irak mampu menghasilkan sekitar 4,2 juta barel minyak mentah per hari. Negara Timur Tengah ini memiliki cadangan minyak bumi terbesar kelima di dunia, yakni sebesar 145 miliar barel.

Selain minyak bumi, sumber daya alam Irak lainnya termasuk gas alam, fosfat, dan belerang. Negara ini memiliki bentang alam yang bervariasi, yang meliputi daerah gurun, pegunungan, dan daerah subur.

Video Terkait