Harga BBM Belum Naik, Demo Penolakan Sudah Terjadi di Sejumlah Daerah

Demo Buruh. (Sariagri/Antara)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Rabu, 31 Agustus 2022 | 17:30 WIB

Sariagri - Isu kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi Pertalite dan Solar menjadi topik hangat di masyarakat belakangan waktu ini. Kini, pemerintah masih terus menggodok keputusan apa yang akan diambil.

Terbaru, pemerintah tengah mengambil langkah opsi penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Selain itu, Pemerintah juga menyiapkan sejumlah bantalan sosial bagi masyarakat yang terimbas dengan kenaikan harga BBM subsidi nantinya.

Demo Kenaikan BBM di Sejumlah Daerah

Kabar soal rencana kenaikan BBM bersubsidi jenis Pertalite dan Solar pun direspon oleh sejumlah kalangan, mulai dari mahasiswa hingga ojek online. Mereka merespon wacana kenaikan BBM dengan mennggelar aksi unjuk rasa. Bahkan dikabarkan, ribuan buruh juga akan menggelar aksi demo kenaikan harga BBM pekan depan.

Pengemudi ojol berdemo di depan gedung DPR, Jakarta Senin (29/8). Mereka menolak kenaikan harga BBM tersebut karena akan memberatkan perekonomian.

Salah seorang orator dari mobil komando menyampaikan bahwa para pengemudi ojol akan semakin menderita dengan kenaikan harga bensin bersubsidi. Diketahui, aksi massa terdiri dari 2.000 orang yang berasal dari wilayah Jabodetabek dan sejumlah kota di Jawa Barat.

Selain ojol, para mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Islam juga melakukan demonstrasi di berbagai daerah. Salah satunya di Jakarta, massa aksi tiba di gedung DPR sekitar pukul 15.50 WIB.

Pada unjuk rasa kali ini, massa HMI keras menolah rencana kenaikan harga BBM. "Menaikkan harga BBM di tengah kondisi pandemi merupakan perbuatan yang menyakiti hati rakyat," ujar salah seorang orator dari atas mobil komando.

Baca Juga: Harga BBM Belum Naik, Demo Penolakan Sudah Terjadi di Sejumlah Daerah
Pengamat: Kehebohan Luhut Soal Kenaikan BBM Menyulut Panic Buying

Tak hanya di Jakarta, sejumlah mahasiswa HMI dari Tasikmalaya, Jawa Barat  juga melakukan aksi demonstrasi menolak kenaikan harga BBM, Selasa (30/8/2022). Mereka menggelar orasi di depan kantor depot Pertamina Tasikmalaya Jalan Garuda Kota Tasikmalaya. Mereka menggelar orasi di halaman kantor dan aksi teatrikal menyuarakan penolakan kenaikan harga BBM dan tarif dasar listrik.

Puluhan mahasiswa dari HMI cabang Malang juga melakukan aksi demo penolakan kenaikan harga BBM. Aksi saling dorong pun terjadi antara puluhan mahasiswa dan polisi. Ada sejumlah tuntutan massa dalam demo ini. Massa menyebut akan membawa massa aksi lebih besar, jika pemerintah masih ngotot menaikkan harga BBM.