Negara Ini Bakal Diskon Minyak Gede-gedean, RI Minat Membeli?

Ilustrasi minyak dan gas. (Antara)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Kamis, 22 September 2022 | 15:45 WIB

Sariagri - Iran kini bakal memberi diskon minyak mentah besar-besaran. Ini terkait minyak mentah yang disimpan di sebuah kapal tak jauh dari perairan Singapura, dekat Malaysia dan Indonesia.

Laporan The Strait Times menyebutkan, hal ini dilakukan demi merebut kembali pasar China yang mulai dikuasai Rusia. "Teheran menghadapi persaingan sengit dari Rusia, sebagai pemasok minyak mentah utama China," tulis laporan tersebut.

Disebutkan, Rusia kini menjadi pemasok utama China, setelah menjual hampir 1,74 juta barel per hari pada Agustus, mewakili 20% pasar negara itu. Hal ini terjadi setelah invasi Rusia ke Ukraina. Minyak Moskow yang dijauhi Uni Eropa mencari penampung baru dengan potongan harga.

"Iran menawarkan minyak mentah di kapal tanker yang berlabuh di Malaysia dan perairan Indonesia dengan diskon sekitar US$5 hingga US$7 dibanding kargo Rusia," ujarnya.

Dalam laporan itu disebutkan bahwa Iran telah melepas harapan untuk dibebaskan dari sanksi yang sebelumnya dijatuhkan Amerika Serikat (AS).

"Menawarkan diskon besar-besaran adalah sinyal paling jelas bahwa mereka (Iran) telah melepaskan harapan untuk dibebaskan dari sanksi AS, setidaknya untuk saat ini," kata pendiri Vanda Insights, penyedia analisis makro pasar minyak global, Vandana Hari.

Baca Juga: Negara Ini Bakal Diskon Minyak Gede-gedean, RI Minat Membeli?
Terkuak! Ini Penyebab Harga BBM Malaysia Lebih Murah Ketimbang RI

Menurut Emma Li, analis senior di perusahaan intelijen data Vortexa, minyak Iran di kapal yang berlabuh di Malaysia dan Indonesia tampaknya bergerak ke China pada tingkat yang jauh lebih lambat karena manuver Rusia.

Permintaan dari China juga mendapat pukulan dari strategi nol Covid-19 yang mengakibatkan penguncian lokal. Li juga mencatat bahwa permintaan minyak mentah Venezuela yang terkena sanksi tampaknya mengalir ke China dengan kecepatan yang jauh lebih cepat dan lebih sering.

Video Terkait