Kritik Program Kompor Listrik, Mulan Jameela: Ini Masalah buat Ibu-ibu!

Anggota Komisi VII DPR RI Mulan Jameela (dpr.go.id/Eno/Man)

Editor: Dera - Kamis, 22 September 2022 | 19:30 WIB

Sariagri - Anggota Komisi VII DPR RI Mulan Jameela mengkritisi program yang sedang dicanangkan pemerintah berupa konversi kompor gas ke kompor listrik. Pihaknya meminta program tersebut untuk dikaji ulang, lantaran dinilai menimbukan masalah baru. 

"Ini seperti menyelesaikan masalah dengan masalah baru," ujar Mulan dalam rapat Komisi VII bersama Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE), Kementerian Perindustrian, di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (21/9/2022). 

Politisi Partai Gerindra itu mengaku, sebagai seorang ibu yang mengurus urusan dapur, ia tahu betul kebutuhan kompor untuk rumah tangga. Konversi LPG 3 kg ke listrik jadi persoalan serius para ibu.

"Berhubung saya ibu-ibu yang mengurus kompor di dapur, jadi mengerti betul kompor apa yang dibutuhkan," akunya lebih lanjut.

Baca Juga: Kritik Program Kompor Listrik, Mulan Jameela: Ini Masalah buat Ibu-ibu!
Bantah Usulkan Listrik 450 VA Dihapus, Ini Klarifikasi Ketua Banggar DPR

Menurutnya, kompor listrik seharga Rp1,5 juta per unit akan menjadi masalah baru yang akan dihadapi masyarakat, terutama para ibu.

"Menurut saya konversi dari kompor gas ke kompor induksi ini seperti menyelesaikan masalah dengan masalah baru. Konversi gas 3 kg ke induksi jadi persoalan ibu-ibu. Kami tahu Kemenperin hanya menjalankan mandat yang ditugaskan. Ini urusan PLN. Saya melihat ini terlalu terburu-buru," keluh Mulan, seperti dilansir dari laman resmi DPR RI.

Video Terkait