Jenis-jenis BBM Paling Irit dari Pertamina, Pertalite Termasuk?

Ilustrasi BBM. (Antara)

Editor: Dera - Jumat, 23 September 2022 | 17:00 WIB

Sariagri - Baru-baru ini beredar kabar kualitas bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis Pertalite dinilai lebih boros. Pertalite disebut-sebut lebih mudah menguap dan lebih cepat habis. 

Hal itu pun sempat membuat warganet geram, lantaran BBM Pertalite tak hanya mengalami kenaikan tapi juga memiliki kualitas rendah. 

Namun kabar tersebut langsung dibantah oleh Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga Irto Ginting, pihaknya meyakinkan bahwa mutu BBM Pertalite yang dipasarkan sudah memenuhi standar.

Menurut Irto, penguapan lebih cepat jika temperatur penyimpanan meningkat. Secara spesifikasi, batasan maksimum untuk penguapan Pertalite adalah 10 persen, dibatasi maksimal 74 derajat Celsius. 

Beberapa jenis BBM dikenal sangat irit pemakaiannya, namun tergantung dari jenis kendaraan. Oleh sebab itu, memerhatikan jenis kendaraan dan mesinnya penting agar tidak salah dalam memilih jenis BBM.  

Mengutip berbagai sumber, berikut jenis BBM yang paling irit. 

1. Pertamax 

BBM Pertamax memiliki nilai oktan Pertamax 92. Angka tersebut menunjukan bahwa besaran tekanan bisa diberikan sebelum pembakaran bensin secara spontan. 

Perlu diketahui bahwa semakin tinggi nilai oktan bahan bakar, maka BBM akan lebih lama untuk terbakar. Dengan demikian penggunaannya juga lebih irit. BBM Pertamax biasanya digunakan oleh kendaraan dengan rasio kompresi mesin 10,5:1 hingga 11:1. Untuk penggunaan normal, 1 liter Pertamax dapat menempuh jarak hingga 39,8 km.

2. Pertamax Turbo 

BBM jenis Pertamax Turbo memiliki nilai oktan 98. Pertamax Turbo juga merupakan jenis bensin yang paling mendekati spesifikasi bahan bakar Euro 4. Untuk penggunaan normal, BBM ini dapat memiliki jarak tempuh hampir 19 kilometer per liternya.

Pertamax Turbo memiliki formula Ignition Boost Formula (IBF). Formula tersebut berfungsi meningkatkan laju perubahan mempercepat (akselerasi) dan kecepatan optimal.

Selain itu, Pertamax Turbo juga memiliki Ecosave. Kandungan tersebut berfungsi melindungi dan membersihkan mesin mobil dan memperkecil kemungkinan adanya endapan.

3. Dexlite 

Untuk mesin diesel, BBM Dexlite adalah pilihan terbaik. Pada kendaraan diesel, Dexlite dapat memberikan jarak tempuh hingga 20 kilometer setiap liternya. Namun dalam penggunaan ideal dan mesin kendaraan yang sesuai.

Mengutip laman MyPertamina, Dexlite memiliki angka Cetane minimal 51 dan mengandung Sulfur maksimal 1200. Artinya BBM Dexlite menghasilkan emisi ramah lingkungan dan pemakaian yang irit. 

4. Pertamina Dex

Sama seperti Dexlite, Pertamina Dex dikhususkan untuk mesin diesel. Pertamina Dex memiliki cetane number tertinggi 53 ppm. Hal tersebut membuat Pertamina Dex dapat menjaga kekuatan mesin dan memiliki standar Euro 4. 

Baca Juga: Jenis-jenis BBM Paling Irit dari Pertamina, Pertalite Termasuk?
Harga BBM Bikin Pusing, Simak Nih Cara Jitu Menghemat Bensin

Menurut Pertamina, Pertamina Dex dapat menghasilkan suara mesin yang lebih halus dan membuat kinerja mesin kendaraan lebih bertenaga. 

5. Pertalite 

Terakhir adalah BBM yang menjadi perbincangan akhir-akhir ini, yaitu Pertalite. BBM dengan oktan 90 ini menghasilkan pembakaran yang lebih baik dari pendahulunya yaitu BBM Premium. Dengan demikian, kendaraan dapat menempuh jarak lebih jauh. 

 

Video Terkait