Demi Membantu Rakyat Beli Gas dan Produk Pertanian dari Rusia

Ilustrasi pipa gas. (Foto: Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Jumat, 23 September 2022 | 18:45 WIB

Sariagri - Pemerintah Pakistan bersiap membeli gas alam cair (LNG) dan produk pertanian dari Rusia. Menteri Informasi Federal Pakistan, Marriyum Aurangzeb mengatakan bahwa pemerintah akan melakukan apa pun untuk membantu rakyatnya. Hal itu ia ungkap di sela-sela Pekan Pertemuan Tingkat Tinggi Majelis Umum PBB.

"Fokus Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif adalah melakukan apa pun yang diperlukan untuk memberikan bantuan kepada rakyat Pakistan termasuk pasokan gas dari seluruh dunia, tidak peduli dari mana. Ini juga berlaku dengan produk pertanian," kata Aurangzeb.

Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Novak mengatakan bahwa Rusia membuka peluang untuk memasok gas alam cair ke Pakistan.

Sementara itu, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan bahwa Eropa bukan satu-satunya konsumen gas alam dan bukan satu-satunya benua yang membutuhkan gas alam.

“Ada banyak wilayah yang berkembang lebih cepat dan memiliki program pembangunan yang jauh lebih ambisius, mereka dapat mengimbangi permintaan yang berkurang untuk gas (Rusia) di Eropa,” jelasnya

Baca Juga: Demi Membantu Rakyat Beli Gas dan Produk Pertanian dari Rusia
Krisis Ekonomi, Sri Lanka Bujuk Arab Saudi untuk Bangun Kilang Minyak

Selain Pakistan, Iran juga telah mengumumkan akan mengimpor 9 juta meter kubik gas rusia. Rencana itu diungkapkan dalam sebuah laporan yang memberikan rincian kesepakatan senilai 40 miliar dolar AS antara Perusahaan Minyak Nasional Iran (NIOC) dan produsen gas milik negara Rusia, Gazprom, yang dicapai pada bulan Juli, dikutip Fars News Agency.

Kementerian perminyakan Iran juga dilaporkan menyatakan akan mendapatkan, di bawah kesepakatan pertukaran, enam juta meter kubik gas per hari dari Rusia.

Video Terkait