Jika Harga BBM Tak Terkendali, DPR: Pertamina Harus Siapkan Skenario Solusi

Ilustrasi BBM. (Foto: Pixabay)

Editor: Dera - Selasa, 27 September 2022 | 11:00 WIB

Sariagri - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima meminta PT Pertamina Patra Niaga menyiapkan berbagai skenario sebagai solusi jika harga bahan bakar minyak (BBM) tidak terkendali.

Aria Bima menyatakan, ada beberapa faktor yang memengaruhi fluktuasi harga minyak. Fluktuasi harga minyak ini tentu akan berdampak pada penentuan harga BBM di dalam negeri.

Seperti diketahui, saat ini beberapa negara sudah mulai mengalami resesi ekonomi. Krisis pun terjadi di berbagai lini termasuk krisis energi. Indonesia juga turut terdampak akan hal tersebut.

Oleh karena itu, Aria Bima meminta agar PT Pertamina Patra Niaga membuat skema untuk mengatasi krisis ini. Terlebih Indonesia cukup bergantung pada pasokan minyak dari luar negeri.

"Skenario-skenario harus disiapkan pada saat harga BBM nanti memang unpredictable," ujarnya usai memimpin pertemun Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VI DPR RI dengan Direksi PT Pertamina Patra Niaga, di Bandar Lampung, Senin (26/9/2022).

Lebih lanjut, politisi PDI-Perjuangan tersebut ikut menyoroti gejolak yang terjadi di negeri ini akibat kenaikan harga BBM bersubsidi sejak awal September 2022 lalu. Ia meminta agar ada kerja sama antar perusahaan BUMN sebagai salah satu solusinya. PT Pertamina Patra Niaga saat ini sedang menjajaki kerja sama dengan PT Telkom Indonesia untuk membuat kartu BBM subsidi kepada masyarakat yang berhak.

Baca Juga: Jika Harga BBM Tak Terkendali, DPR: Pertamina Harus Siapkan Skenario Solusi
Jangan Bikin Malu Presiden, APBN Surplus Kok BBM Mau Dinaikkan

Melansir laman resmi DPR RI, Aria Bima pun meminta agar PT Pertamina Patra Niaga dan PT Telkom bekerja sama dengan baik menjalankan wacana kartu BBM subsidi tersebut. Dengan adanya kartu itu, ia yakin penyaluran subsidi BBM akan tepat sasaran.

"Kita berharap untuk Patra Niaga lebih bisa menerapkan dan bisa kerja sama di dalam menggunakan berbagai sistem supaya penerapan BBM subsidi nanti bisa sesuai sasaran yang mana itu kita akan melihat sejauh mana penggunaan kartu,” pungkas legislator dapil Jawa Tengah V tersebut. 

Video Terkait