Pantang Mundur, PKS Keukeuh Desak Pemerintah Turunkan Harga BBM

Ilustrasi SPBU Pertamina (Wikimedia)

Editor: Dera - Selasa, 27 September 2022 | 18:30 WIB

Sariagri - Anggota DPR RI dari Fraksi PKS Diah Nurwitasari meminta pemerintah menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM). 

Pihaknya mengaku mendapat dukungan dari mahasiswa terkait sikap PKS yang menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Diah pun mengapresiasi atensi para mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa (HMI) Komisariat Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana.

Diah mengatakan, pihaknya mendengarkan aspirasi mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa (HMI) Komisariat Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana dalam Program Hari Aspirasi Rakyat, di Ruang Meeting F-PKS DPR RI, di Senayan, Jakarta, pada Selasa (27/09).

“Kami menyambut baik dan mengapresiasi dukungan mahasiswa yang peduli terhadap nasib bangsa dan negara ini. Salah satunya mengkritisi dan menolak kenaikan harga BBM. Mengingat, efek dari kenaikan harga BBM ini akan berdampak panjang”, ungkap Diah.

Alasan Harga BBM Harus Turun

Menurutnya ada banyak alternatif solusi yang bisa diambil Pemerintah untuk menanggulangi beban subsidi yang cukup besar untuk komoditas energi di Indonesia.

“Cara yang bisa diambil ialah pengetatan dan pengawasan pada siapa yang berhak untuk mendapatkan subsidi, baik itu subsidi elpiji, BBM, maupun listrik”, ujar Diah.

Lebih lanjut, Anggota Komisi VII DPR RI ini pun mengkritik prioritas kebijakan anggaran yang dilakukan Pemerintah.

“Di satu sisi, Pemerintah mengeluhkan subsidi yang besar untuk energi. Di sisi lain, mereka tetap mencanangkan keberlanjutan proyek-proyek yang tidak strategis, seperti Ibu Kota Negara baru, yang jelas-jelas tidak berpihak pada kebutuhan dan kesejahteraan rakyat”, ungkapnya, seperti dilansir dari laman resmi PKS. 

Baca Juga: Pantang Mundur, PKS Keukeuh Desak Pemerintah Turunkan Harga BBM
Jika Harga BBM Tak Terkendali, DPR: Pertamina Harus Siapkan Skenario Solusi

Terakhir, Diah menegaskan bahwa PKS akan terus memperjuangkan sikapnya agar harga BBM diturunkan. Terlebih, dalam beberapa pekan terakhir, harga minyak dunia telah turun.

“Perjuangan PKS tidak berhenti. Kami akan terus menyampaikan penolakan ini dalam rapat-rapat bersama Pemerintah, sekaligus meminta Pemerintah membatalkan kenaikan harga BBM ini”, pungkasnya.

Video Terkait