Indonesia Masih Impor BBM, Negara Tetangga Ini Auto Dulang Cuan

Ilustrasi SPBU. (pixabay)

Editor: Dera - Kamis, 29 September 2022 | 15:30 WIB

Sariagri - Indonesia merupakan salah satu negara eksportir minyak mentah. Namun hingga detik ini, Indonesia masih harus impor hasil pengolahan minyak mentah untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) masyarakat.

Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia mengimpor hasil pengolahan minyak mentah, seperti bensin dan solar dari berbagai negara. 

Lalu, negara mana saja yang menjadi importir BBM Indonesia?

1. Singapura 

Pada 2021, total impor BBM Indonesia dari Singapura adalah 10,3 juta ton. Ironisnya, Singapura mengimpor minyak mentah dari Indonesia yang kemudian diolah di kilang milik Singapura yang kemudian dijual kembali ke Indonesia. 

Menurut laporan BPS, nilai impor BBM Indonesia dari Singapura mencapai 6,37 miliar dolar Amerika Serikat (AS). Tingginya impor BBM Indonesia dari Singapura karena permintaan domestik yang tidak terpenuhi jika hanya mengandalkan kilang dalam negeri. 

2. Malaysia 

Indonesia impor BBM dari Malaysia sebanyak 5,77 juta ton pada 2021. Menurut BPS, nilai impor BBM Indonesia dari Malaysia adalah 3,41 miliar dolar AS sepanjang Januari hingga Juli 2022.

Selain mampu ekspor BBM, harga BBM di Malaysia juga terbilang murah se-Asia Tenggara. Harga BBM Malaysia murah karena terdapat perbedaan komponen pembentuk harga. Selain itu, harga BBM di Malaysia bisa ditahan dengan subsidi besar-besaran yang diterapkan Pemerintah Malaysia.

3. Arab Saudi

Indonesia memang dikenal langganan minyak mentah asal Arab Saudi. Pada 2021, Indonesia impor minyak mentah dari Arab Saudi sebesar 5,76 juta ton. Menurut Pertamina, alasan minyak mentah asal Arab Saudi dipilih karena karakternya yang cocok dengan spesifikasi kilang Pertamina. 

4. Amerika Serikat 

Impor BBM Indonesia dari Amerika Serikat (AS) sebesar 4,06 juta ton pada 2021. Tidak hanya BBM, Indonesia juga impor bahan baku LPG dari AS yakni propana dan butana cair dari AS mencapai 3,78 miliar kilogram (kg) atau 3,78 juta ton pada 2021. 

Baca Juga: Indonesia Masih Impor BBM, Negara Tetangga Ini Auto Dulang Cuan
5 Negara dengan Cadangan Minyak Terbesar di Dunia

5. Nigeria 

Nigeria merupakan negara asal impor minyak mentah terbesar di Indonesia. Total impor minyak mentah Indonesia dari Nigeria pada kuartal I 2022 sebesar 48,6 persen dan memiliki nilai impor mencapai 2,54 miliar dolar AS. 

Pada 2021, PT Pertamina (Persero) melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) mendapatkan kontrak pengadaan minyak mentah Nigeria langsung dari Nigerian National Petroleum Corporation (NPCC). 

 

Video Terkait