Harga Pertamax Turun Jadi Rp13.900, Pertalite Kapan?

Ilustrasi SPBU BBM. (Sariagri/Antara)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 4 Oktober 2022 | 14:45 WIB

Sariagri - PT Pertamina (Persero) resmi menyesuaikan harga bahan bakar minyak (BBM) Pertamax menjadi Rp13.900 per liter pada Sabtu (1/10). Sebelumnya, Pertamax dihargai Rp14.500 per liter untuk wilayah DKI Jakarta. Selain itu, harga Pertamax Turbo juga turun dari Rp15.900 menjadi Rp14.950 per liter.

"PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) Umum," tulis pernyataan resmi Pertamina dikutip dari website resmi Pertamina, Jumat (30/9).

Kendati Pertamax turun, harga Pertalite masih di posisi Rp10.000 per liter. Adapun kenaikan dan penurunan harga tersebut berbeda di setiap wilayah masing-masing. Seperti di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur hingga Papua.

Direktur Executive Energy Watch Mamit Setiawan menyarankan agar harga BBM subsidi sebaiknya tidak diturunkan dalam waktu dekat ini.

"Saya kira saat ini untuk BBM subsidi masih belum bisa dilakukan penyesuaian harga karena memang secara keekonomian masih jauh dibawah keekonomian," kata Mamti kepada awak media.

Mamit mengatakan, pemerintah masih menanggung beban subsidi dan kompensasi untuk Pertalite dan solar subsidi. Saat ini beban kompensasi Pertalite masih di Rp 3.150 per liter dan solar masih Rp 7.950 per liter.

"Agar berat sepertinya karena pemerintah melakukan perhitungan untuk Jenis BBM Tertentu dan Jenis BBM Khusus Penugasan ini dalam asumsi jangka panjang," ujarnya.

Penurunan harga minyak, lanjut dia, juga baru berlangsung dalam beberapa waktu ini saja. Ia khawatir penurunan harga BBM subsidi yang tidak diimbangi dengan penurunan harga barang dan jasa juga tidak memberi pengaruh signifikan.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menyampaikan, untuk harga BBM jenis non subsidi akan terus disesuaikan mengikuti tren harga rata-rata publikasi minyak yaitu Mean of Platts Singapore (MOPS) atau Argus.

"Berdasarkan perhitungan, pada periode September lalu untuk produk gasoline (bensin) yakni Pertamax Series mengalami penyesuaian turun harga, sedangkan untuk produk gasoil (diesel) Dexlite dan Perta Dex penyesuaiannya naik harga," ujar Irto dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Harga Pertamax Turun Jadi Rp13.900, Pertalite Kapan?
Inflasi Meningkat Luar Biasa Efek BBM Naik, Menko: Masih Terkendali

Untuk Pertamax Turbo (RON 98), terdapat penyesuaian harga menjadi Rp 14.950 dan untuk Pertamax (RON 92) menjadi Rp 13.900.
Sementara, untuk Dexlite (CN 51), terdapat penyesuaian harga menjadi Rp 17.800 dan Perta Dex (CN 53) harganya menjadi Rp 18.100 per liternya.

Penyesuaian harga ini berlaku untuk provinsi dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) sebesar 5 persen seperti di wilayah DKI Jakarta.

Video Terkait