Jadi Tuan Rumah Piala Dunia, Ini Kekayaan Gas Alam dan Minyak Bumi Qatar

Ilustrasi qatar. (pixabay)

Editor: Dera - Selasa, 22 November 2022 | 19:00 WIB

Sariagri - Mendengar nama Qatar, yang terbesit di pikiran adalah negara kaya yang dipenuhi sultan. Terlebih saat ini, Qatar merupakan negara Arab pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Seperti diektahui, sebanyak 64 pertandingan Piala Dunia 2022 diselenggarakan di 8 stadion milik Qatar, yaitu Al Bayt Stadium, Khalifa International Stadium, Al Thumama Stadium, Ahmed Bin Ali Stadium, Lusail Stadium, Stadium 974, Education City Stadium dan Al Janoub Stadium.

Jika menilik kekayaan negara tersebut, tak bisa dipungkiri kemakmuran ekonomi Qatar berasal dari hasil alamnya yaitu gas dan minyak bumi. Qatar pertama kali menemukan sumber minyak bumi pada 1939 dan pertama kali memproduksi minyak pada 1949.  

Cadangan gas alam Qatar tersimpan di North Field dan merupakan salah satu ladang gas terbesar di dunia. Sementara cadangan minyak bumi Qatar ditemukan baik di darat yaitu di sepanjang pantai barat di Dukhan maupun di lepas pantai yaitu dari pantai timur. 

Mengutip The Global Economy, pada 2021 Qatar memiliki cadangan minyak sebanyak 25,24 miliar barel. Qatar juga memproduksi minyak sebanyak 1.303 barel per hari. Namun jumlah tersebut tidak sebanyak Amerika Serikat (AS) yang memproduksi minyak 11.567 barel per hari dan Rusia sebanyak 10.503 barel per hari. 

Namun Qatar unggul dalam produksi gas alam. Pada 2021, Qatar memproduksi sekitar 177 miliar meter kubik gas alam dan memiliki cadangan gas alam sekitar 24,7 triliun meter kubik. Penghasilan dari gas alam melampaui minyak bumi yang menyumbang pendapatan pemerintah dan PDB Qatar.

Kerja Sama Gas Alam Cair dengan Cina 

Qatar adalah salah satu eksportir gas alam cair (LNG) terbesar di dunia. Total ekspor LNG Qatar mencapai 11,9 miliar dolar AS selama April 2022 dibandingkan dengan 5,8 miliar dolar AS pada April 2021. 

Sebagian besar tujuan ekspor LNG Qatar adalah Cina, diikuti oleh India dan Jepang. Bahkan baru-baru ini, Qatar menandatangani perjanjian penjualan dan pembelian LNG selama 27 tahun dengan Sinopec Cina. 

Baca Juga: Jadi Tuan Rumah Piala Dunia, Ini Kekayaan Gas Alam dan Minyak Bumi Qatar
Minyak Bumi, Sumber Kekayaan Alam yang Berperan Penting Dalam Kehidupan

“Hari ini adalah tonggak penting untuk perjanjian penjualan dan pembelian pertama untuk proyek North Field East, sebanyak 4 juta ton selama 27 tahun untuk Sinopec dari Cina,” kata Kepala QatarEnegy Saad al-Kaabi

“Kami sangat senang dengan kesepakatan dengan Sinopec karena kami telah memiliki hubungan jangka panjang di masa lalu dan ini membawa hubungan kami ke tingkat yang lebih tinggi karena kami memiliki perjanjian yang akan bertahan hingga 2050-an,” tukas Kaabi.