Intip 5 Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia

Ilustrasi tambang emas (Wikimedia Commons)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Rabu, 23 November 2022 | 09:00 WIB

Sariagri - Sejak zaman dahulu, Indonesia memang dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki sumber daya alam dan kekayaan alam yang sangat melimpah, salah satunya adalah tambang emas.

Diketahui, ada beberapa daerah di Indonesia yang mampu menghasilkan emas. Kira-kira daerah mana sajakah? berikut ulasannya.

Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia

1. Sumbawa

Sumbawa, Nusa Tenggara Barat menjadi salah satu daerah penghasil emas terbesar di Indonesia. Daerah ini sering kali dijadikan sebagai spot penambangan emas oleh banyak perusahaan, baik lokal maupun luar negeri.

Hal ini karena daerah ini memiliki kekayaan alam berupa emas yang sangat banyak. Berdasarkan data yang ada, disebutkan bahwa pada tahun 2020, produksi emas yang dihasilkan daerah ini mencapai di atas 4 juta ons. Jumlah ini terntu sangat fantastis untuk ukuran tambang emas.

2. Pongkor

Tak disangka, salah satu daerah di Jawa Barat, bernama Pongkor yang dikenal sebagai produsen emas murni terbesar di Indonesia. Bahkan selama beberapa dekade, jumlah emas yang sudah dihasilkan sangat menakjubkan dengan perkiraan mencapai 2 ton selama setahun.

Bahkan emas yang dihasilkan dari daerah ini sangat memiliki kualitas yang sangat baik dengan bentuk indah dan memukau. Salah satu alasannya karena proses penambangan tersebut dilakukan dengan menggunakan mesin canggih yang mampu mencari emas dalam jumlah tinggi.

3. Grasberg

Sudah bukan rahasia lagi jika Papua adalah daerah paling populer sebagai penghasil emas yang ada di Indonesia. Salah satu lokasi tambang emas yang Papua miliki adalah Grasberg. Tambang ini berada di puncak Gunung Jaya Wijaya.

Diketahui, daerah ini mampu menghasilkan emas sebesar 3 juta konsentrat setiap tahunnya. Hal inilah yang membuatnya menjadi lokasi penghasil emas yang terkenal sampai saat ini.

4. Tujuh Bukit

Salah satu daerah di Banyuwangi terdapat penambangan emas yang berlokasi di Tujuh Bukit. Namun sejak beberapa waktu lalu, lokasi ini mengalami perubahan nama menjadi Tumpang Pitu. Daerah ini sangat dikenal sebagai produsen emas terbesar nomor dua di Indonesia.

Bahkan cadangan mineral yang ada di tempat ini terbilang sangat melimpah. Jumlahnya bisa mencapai 28 juta ons. Berdasarkan data disebutkan pada tahun 2018 sendiri, total produksi emas dari daerah ini mampu mencapai 170 ribu ons emas.

Baca Juga: Intip 5 Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia
KPK Harus Bongkar 'Beking' Penambangan Ilegal Tanpa Pandang Bulu

5. Martabe

Salah satu produsen emas lainnya yang ada di Indonesia adalah Martabe. Daerah ini berada di provinsi Sumatera Utara. Bahkan daerah ini mendapat julukan sebagai spot emas murni paling besar yang ada di provinsi itu.

Diketahui proses penambangan emas ini sudah mulai dilakukan semenjak tahun 2008 lalu. Namun karena jumlah emas murni yang sangat fantastis ini, mambuat banyak perusahaan emas besar tertarik untuk menambangnya. Diperkirakan emas murni yang dihasilkan dalam setiap tahun mencapai angka 350 ribu ons. Jumlah ini bahkan akan selalu berkembang setiap saat.

Video Terkait