Kompor Listrik Batal, Pemerintah Kini Siapkan Rice Cooker Gratis

Ilustrasi rice cooker (Wikimedia)

Editor: Yoyok - Jumat, 25 November 2022 | 16:45 WIB

Sariagri - Setelah batal menggelar program kompor listrik, kini pemerintah tengah membahas kebijakan untuk membagikan penanak nasi atau rice cooker kepada masyarakat secara gratis. 

Tujuan dari program itu untuk mendukung pemanfaatan energi bersih, meningkatkan konsumsi listrik per kapita, dan penghematan biaya memasak bagi masyarakat.

Rencana bagi-bagi rice cooker gratis itu disampaikan Subkoordinator Fasilitasi Hubungan Komersial Usaha Ketenagalistrikan, Direktorat Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Edy Pratiknyo dalam sebuah forum diskusi seperti dikutip sejumlah media, Jumat (25/11/2022).

Edy mengatakan pemerintah tengah membahas kebijakan untuk membagikan rice cooker kepada masyarakat. "Ini baru pembahasan belum sampai di-publish tentang bantuan e-cooking atau penanak nasi listrik," kata Edy.

Edy memaparkan, bantuan penanak nasi listrik (BPNL) direncanakan sebanyak 680 ribu unit yang akan disalurkan ke seluruh Indonesia melalui APBN Kementerian ESDM 2023.

Baca Juga: Kompor Listrik Batal, Pemerintah Kini Siapkan Rice Cooker Gratis
Jokowi Ajak PM Australia Kerja Sama Bikin Baterai Mobil Listrik

Edy mengungkapkan program rice cooker tidak memerlukan penambahan daya dan nilai paket program ini sebesar Rp500 ribu per keluarga penerima manfaat (KPM). Penerima bantuan ini akan mengacu data dari Kementerian Sosial (Kemensos).

"Terkait bantuan program penanak nasi, rencananya sebanyak 680 ribu unit penanak nasi yang disalurkan ke masyarakat, yang KPM tadi, kelompok penerima manfaat. Tentunya acuannya ke data dari Kementerian Sosial," jelas Edy.

Video Terkait