Ukraina Minta Bantuan Australia untuk Penyediaan Infrastruktur Batu Bara

Ilustrasi batu bara. (Antara)

Editor: Dera - Minggu, 27 November 2022 | 08:00 WIB

Sariagri - Ukraina meminta Australia untuk mempertimbangkan penyediaan infrastruktur batu bara dan energi seperti generator dan transformator di negara tersebut. Hal itu dikarenakan serangan rudal terus menyebabkan pemadaman listrik di Ukraina yang meluas di tengah invasi Rusia.

Mengutip ABC News, Duta Besar Ukraina untuk Australia, Vasyl Myroshnychenko, mengatakan bahwa permintaan itu menyusul "diskusi positif" antara Perdana Menteri Australia Anthony Albanese dan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba. Keduanya bertemu di KTT ASEAN yang digelar di Kamboja.

"Hal ini menunjukkan persahabatan Australia dan Ukraina dalam membela demokrasi dan kedaulatan melawan otokrasi dan ilegalitas," kata Myroshnychenko.

"Ukraina benar-benar membutuhkan persahabatan saat ini," tambahnya. 

Myroshnychenko mengatakan situasi kemanusiaan di Ukraina menjadi bencana selama akhir pekan. Beberapa serangan rudal menyebabkan kerusakan pada lebih dari 40 persen sistem energi Ukraina. 

"Keadaan itu menyebabkan pemadaman listrik di seluruh Ukraina dan masalah besar dengan pemanas, pasokan air, dan pembuangan limbah," jelas Myroshnychenko.

Awal tahun ini, pemerintah federal Australia menyumbangkan sekitar 70.000 ton batu bara termal ke Ukraina. Hal tersebut dilakukan setelah permintaan pembangkit listrik berbahan bakar batu bara di Ukraina untuk terus beroperasi. 

Pemerintah Ukraina membeli batu bara dari perusahaan sumber daya Whitehaven dan menutupi biaya pengirimannya ke Polandia. Myroshnychenko mengatakan batu bara dari tempat lain akan "sangat berharga" bagi Ukraina.

"Sementara Ukraina bertekad untuk bertahan hidup di musim dingin yang keras ini. Pasukan kami membuat kemajuan di medan perang, dukungan tambahan yang kami minta dari Australia akan berdampak menyelamatkan nyawa," jelas Myroshnychenko.

"Negara ini (Australia) juga merupakan negara teknik yang hebat, dan dapat membantu kami dengan generator, untuk menjaga agar layanan penting seperti rumah sakit dan pabrik pengolahan air tetap berjalan, dan melalui transformator untuk memulihkan sistem secara keseluruhan," imbuhnya. 

Baca Juga: Ukraina Minta Bantuan Australia untuk Penyediaan Infrastruktur Batu Bara
Pemerintah Resmi Melarang Ekspor Batu Bara Sepanjang Januari 2022

Myroshnychenko mengatakan dia berharap juga mengadakan diskusi dengan pemerintah Australia untuk terkait bantuan untuk Ukraina.

"Kembali ke perdamaian, menghilangkan tekanan dari biaya hidup di sini dan menciptakan peluang bagi bisnis Australia dalam pembangunan kembali Ukraina, di mana Australia sekarang sangat dihormati dan berhak dihormati," tukasnya.