Jadi Energi Masa Depan, Sektor Energi Hidrogen Cina Maju Pesat

Ilustrasi energi hidrogen. (istimewa)

Editor: Dera - Senin, 28 November 2022 | 10:00 WIB

Sariagri - Salah seorang pejabat Cina melaporkan kemajuan pesat negara itu dalam sektor energi hidrogen. Kemajuan pesat tersebut terjadi saat Cina terus konsisten dengan gerakan hijaunya.

Mengutip Xinhua, Shen Zhulin dengan Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional pada Konferensi Industri Hidrogen Cina 2022 mengatakan, sektor energi hidrogen di Cina semakin matang. Dengan kebijakan yang mendukung, permintaan pasar yang kuat dan teknologi baru yang muncul. 

Sebagai produsen hidrogen terbesar di dunia, Cina memiliki output energi hidrogen tahunan sekitar 33 juta ton. Lebih dari 300 perusahaan hidrogen memiliki pendapatan bisnis utama tahunan setidaknya 20 juta yuan (sekitar Rp44,1 miliar). 

Dalam rencana pengembangan sektor untuk periode 2021-2035 yang dirilis pada Maret 2022, Negeri Tirai Bambu mendefinisikan energi hidrogen sebagai bagian penting dari bauran energi masa depan. Cina mengklaim memiliki tujuan mencapai transformasi hijau dan rendah karbon dengan industri energi hidrogen yang dinamis.

Sektor energi hidrogen akan membantu perlombaan Cina untuk mencapai puncak karbon dan tujuan netralitasnya, kata para analis. Dengan energi bersih, industri dari sektor transportasi hingga petrokimia mampu mempercepat penggunaan energi hijau sepenuhnya.

Baca Juga: Jadi Energi Masa Depan, Sektor Energi Hidrogen Cina Maju Pesat
Kala Energi Angin dan Matahari Jadi Harapan Baru Uni Eropa

Namun, industri energi hidrogen Cina masih dalam masa pertumbuhan. Negara ini disebut-sebut masih menghadapi banyak masalah seperti kemampuan inovasi yang lemah, tingkat peralatan teknis yang rendah, dan dukungan dasar yang tidak memadai untuk pengembangan industri.

Chief engineer Administrasi Energi Nasional Xiang Haiping, menyerukan lebih banyak upaya untuk membuat terobosan dalam bahan utama dan teknologi inti. Ia juga mendorong inovasi model komersial dan meningkatkan sistem regulasi, sehingga dapat membangun ekosistem yang sehat untuk inovasi dan pengembangan energi hidrogen.