Presiden Cina Perkuat Kerja Sama Energi dengan Rusia

Ilustrasi kegiatan ekspor - impor (Pxhere)

Editor: Dera - Rabu, 30 November 2022 | 11:00 WIB

Sariagri - Cina bersedia menjalin kemitraan yang lebih erat dengan Rusia dalam masalah energi untuk memastikan keamanan energi global. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Cina Xi Jinping dalam forum energi Cina-Rusia Keempat.

“Cina bersedia bekerja sama dengan Rusia untuk menjalin kemitraan energi yang lebih erat, mempromosikan pengembangan energi bersih dan hijau, serta bersama-sama menjaga keamanan energi internasional dan stabilitas rantai pasokan industri,” kata Xi Jinping, mengutip Reuters.

Pertemuan dua negara tersebut dilakukan di tengah persiapan pembatasan harga oleh Kelompok G7 yang akan dikenakan mulai 5 Desember pada minyak Rusia. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya menekan kemampuan Rusia untuk mendanai invasi ke Ukraina.

Ekspor energi Rusia ke Cina meningkat sebesar 64 persen tahun ini, menurut Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Novak. Selain itu, Rusia menjadi pusat perdagangan yuan terbesar keempat di dunia karena mendorong lebih banyak hubungan dengan Asia di tengah sanksi Barat.

Perdagangan bilateral Rusia-Cina akan mencapai 180 miliar hingga 190 miliar dolar AS tahun ini, kata kepala eksekutif produsen minyak utama Rusia Rosneft Igor Sechin. Perusahaannya memasok sekitar 7 persen dari kebutuhan minyak Cina. 

Baca Juga: Presiden Cina Perkuat Kerja Sama Energi dengan Rusia
Qatar Sepakati Perjanjian Ekspor LNG ke Jerman Selama 15 Tahun

Menanggapi proposal Kelompok G7 atas pembatasan harga minyaknya, Rusia sendiri berjanji untuk mengalihkan pasokan ke negara-negara yang tidak mendukung gagasan tersebut. Sementara Cina dan India sudah meningkatkan pembelian minyak dari Rusia.

Rusia ingin meningkatkan pasokan gas ke Cina dan sedang mendiskusikan kemungkinan "serikat gas" dengan Kazakhstan dan Uzbekistan. Selain itu Rusia akan menyambut Cina dalam proyek energi Ust-Luga di Laut Baltik dan melihat potensi dalam mengekspor gas alam cair ke Cina dari pelabuhan.