Optimalkan Potensi Daerah, Lampung Bakal Bangun Kawasan Industri

Ilustrsi pembangkit listrik batubara. (pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Dera - Rabu, 11 Januari 2023 | 21:00 WIB

Sariagri - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung berencana membangun Kawasan Industri Way Pisang di Lampung Selatan untuk memperluas pengelolaan potensi daerah.

"Kawasan industri ini rencananya akan dibangun seperti Kawasan Industri Tanjung Bintang," ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung Elvira Umihanni di Bandarlampung, Rabu (11/1/2023).

Ia mengatakan pembangunan kawasan industri tersebut bertujuan untuk memperlengkapi kawasan industri yang telah ada dalam mengembangkan ragam potensi daerah.

"Ini nanti terletak di Way Pisang Lampung Selatan, namun dalam pengembangannya tidak hanya mengembangkan potensi di Lampung Selatan saja tapi menyeluruh semua potensi di Lampung," katanya.

Dia mengatakan lahan yang direncanakan akan dibangun Kawasan Industri Way Pisang itu luasnya mencapai 490 hektare.

"Lahan yang direncanakan sebesar 490 hektare, akan tetapi saat ini masih dalam proses pelepasan karena masuk dalam kawasan hutan sehingga perlu dilakukan beberapa hal," ucap dia.

Ia melanjutkan Kawasan Industri Way Pisang itu akan terintegrasi langsung dengan terminal agribisnis.

"Sementara ini lahan masih berproses, nanti direncanakan kawasan industri ini akan langsung terintegrasi ke terminal agribisnis untuk mempercepat ragam proses pengembangan potensi daerah," tambahnya.

Baca Juga: Optimalkan Potensi Daerah, Lampung Bakal Bangun Kawasan Industri
Perusahaan Rusia Mulai Kerjakan Proyek Minyak Mega Arktik

Menurut dia di kawasan tersebut akan tersedia zona khusus industri, dan saat ini masih membutuhkan pengembangan lebih lanjut.

"Setelah permasalahan tanah tuntas, akan dicarikan pengembang agar kawasan industri ini dapat segera terbangun dan membantu meningkatkan perekonomian daerah," kata dia lagi.