PT KAI Uji Coba Gunakan B100 Pada Genset Kereta

PT KAI menargetkan penggunaan biodiesel 100 persen minyak sawit untuk genset kereta.

Penulis: Yoyok, Editor: Redaksi Sariagri - Rabu, 27 Januari 2021 | 11:30 WIB

SariAgri - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memastikan akan berinovasi meningkatkan penggunaan energi alternatif baru terbarukan. Saat ini, KAI sedang mengujicobakan penggunaan biodiesel bahan dasar sawit sebesar 100 persen (B100) pada genset kereta.

“KAI sedang berinovasi untuk meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan dengan terus mengujicobakan penggunaan B100 pada genset kereta. B100 merupakan 100 persen Biodiesel dengan bahan dasar sawit, sehingga akan lebih ramah lingkungan,” kata Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo di Jakarta, Rabu (27/1).

Penggunaan energi terbarukan akan melengkapi upaya KAI dalam melakukan inovasi pada 2021. Sebelumnya, Didiek mengatakan akan mengembangkan digitalisasi untuk memudahkan perawatan dan pemantauan sarana dan prasaranan kereta api.

Energi Terbarukan - Baca Juga: Teknologi Pertanian Pintar Dikembangkan untuk Tekan Biaya Produksi
Diversifikasi Luar Usaha, PTPN XI Kembangkan Museum Pisang


Didiek menambahkan, KAI juga akan menambah fitur-fitur KAI Access serta menggunakan big data untuk mengetahui minat dan kebiasaan pelanggan. Sehingga, kata Didiek, KAI dapat melayani dan menghadirkan layanan sesuai keinginan pelanggan.

Baca Juga: PT KAI Uji Coba Gunakan B100 Pada Genset Kereta
Peneliti Ajak Sosialisasi Energi Terbarukan Lebih Intensif



“Langkah Adaptif diwujudkan dengan terus berinovasi, cepat menyesuaikan diri, melakukan perbaikan mengikuti perkembangan teknologi, serta efisiensi,” ujar Didiek.

Didiek memastikan, pada 2021, KAI terus berupaya meningkatkan daya tahan perusahaan di masa pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 yang masih mewabah hingga saat ini. Dia menuturkan, salah satu yang dilakukan meliputi transformasi digital, organisasi, dan proses bisnis.

Berita Energi : Manfaat Energi Terbarukan untuk Peternakan Ayam

Video Terkait