Kanopi Tenaga Surya, Solusi Pengisian Mobil Listrik di Desa

Ilustrasi Mobil Listrik (Techxplore)

Penulis: Tatang Adhiwidharta, Editor: Reza P - Jumat, 19 Februari 2021 | 21:30 WIB

SariAgri - Saat ini jumlah orang yang memiliki kendaraan listrik (EV) terus meningkat. Namun keterbatasan pengisian bahan bakar listrik menjadi persoalan yang dihadapi para pemilik mobil listrik.

Terlebih di wilayah pedesaan, dimana stasiun pengisian daya sangat langka dan tidak mudah ditemukan. Kendala ini menarik perhatian Profesor Michigan Technological University, Joshua Pearce, untuk memberikan solusi melalui model pengembangan fotovoltaik surya.

Dalam model yang diuraikan dalam makalah di jurnal Renewable Energy, Pearce dan rekan penulisnya, mahasiswa pascasarjana Swaraj Sanjay Deshmukh mencatat potensi yang belum dimanfaatkan dari tempat parkir ritel awning fotovoltaik surya.

Studi ini menyelidiki manfaat terkait energi dari pengembangan stasiun pengisian listrik bertenaga listrik dengan kanopi fotovoltaik surya (PV) yang dibangun ke dalam infrastruktur parkir pengecer skala besar seperti Walmart.

Studi kasus menunjukkan kanopi semacam itu dapat menghasilkan potensi 3,1 megawatt per Walmart supercenter di AS, menyediakan listrik tenaga surya untuk sekitar 100 stasiun pengisian daya EV.

Di seluruh negeri, Walmart dapat memasang 11,1 gigawatt kanopi surya di atas tempat parkir untuk menyediakan lebih dari 346.000 stasiun pengisian EV dengan listrik tenaga surya bagi pelanggan mereka.

Armada tenda atau kanopi surya semacam itu akan memenuhi kebutuhan 90% masyarakat Amerika yang tinggal dalam jarak 15 mil dari Walmart, seperti halnya pompa bensin.

Model ini dapat diadopsi oleh toko boks mana pun karena memiliki keunggulan kompetitif dari stasiun pengisian daya EV yang berdiri sendiri. Listrik tenaga surya untuk pengisian daya EV dapat menghasilkan untung, menyelesaikan tantangan pengisian daya komunitas.

Hasilnya menunjukkan bahwa pemilik toko dapat meningkatkan pemilihan dan keuntungan toko dengan menyediakan pengisian PV-EV gratis untuk pelanggan mereka dengan empat manfaat.

Diantaranya, meningkatkan kenyamanan pelanggan dengan menyediakan naungan dan tempat berlindung dari hujan. Jalan menuju konsumerisme hijau, insentif untuk belanja preferensial bagi pemilik kendaraan listrik hibrida plug-in dan EV. Serta meningkatkan waktu belanja dan uang yang dihabiskan di toko, untuk memungkinkan lebih banyak pengisian daya.

Baca Juga: Kanopi Tenaga Surya, Solusi Pengisian Mobil Listrik di Desa
Jakarta Pusat Rencanakan Pasangan 16 Panel Surya di Fasilitas Publik

"Mobil listrik Tesla sekarang menjadi perusahaan mobil paling berharga di dunia, dan raksasa manufaktur mobil yang lebih berpengalaman GM telah mengumumkan kendaraan berbahan bakar gas dan diesel akan punah pada tahun 2035. Jelas pertumbuhan EV akan terus meningkat," kata Pearce.

"Pengecer memiliki kesempatan untuk memanfaatkan aset yang terlantar di tempat parkir mereka untuk mendapatkan keuntungan dari pemilihan toko preferensial oleh pasukan pemilik EV yang terus bertambah. Pengecer yang bergerak cepat untuk berinvestasi pada kanopi surya dan stasiun pengisian daya EV akan menarik pengguna EV untuk datang," pungkasnya.