Tak Hanya Kelistrikan, PLN Juga Kembangkan Pertanian

PLN menyalurkan paket media tanam hidroponik kepada para petani di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Jatiagung, Kabupaten Lampung Selatan, pada 30 Juli 2021.

Penulis: Yoyok, Editor: Reza P - Senin, 2 Agustus 2021 | 10:20 WIB

SariAgri - PLN Unit Induk Daerah (UID) Lampung melalui PLN Peduli mengembangkan pertanian di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Jatiagung, Kabupaten Lampung Selatan. Tim PLN ikut memecahkan potensi masalah kekeringan yang sering menghantui petani setempat.

Selain itu PLN juga mengenalkan sistem alternatif untuk komplementer kegiatan pertanian. Untuk ini, PLN memberikan bantuan peralatan pengairan pertanian ke petani di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Jatiagung, Kabupaten Lampung Selatan, pada 30 Juli 2021. Bantuan ini diharapkan bisa meningkatkan hasil pertanian dan menghilangkan rasa cemas petani kala menghadapi kekeringan saat kemarau.

Selain memberikan bantuan fasilitas pengairan pertanian, PLN juga menyalurkan paket media tanam hidroponik kepada para petani. Total bantuan senilai Rp150 juta ini diterima langsung oleh Kepala Desa Sumber Jaya. Selanjutnya bantuan akan dikelola bersama oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Dusun 4.

"Bantuan seperti inilah yang kami butuhkan untuk keberlangsungan pertanian warga kami di sini. Kami sangat berterima kasih  atas kepedulian PLN Peduli yang sudah memberikan bantuan" ucap Trimulyono, selaku PJ Kepala Desa Sumberjaya, akhir pecan lalu.

Trimulyono menjelaskan, warga Desa Sumberjaya mayoritas berprofesi sebagai petani, sehingga sangat membutuhkan pengairan yang cukup untuk mengembangkan pertaniannya. Salah satu kendala yang dialami warganya selama ini adalah keterbatasan pengairan untuk pertanian terlebih pada saat kemarau.

"Dengan bantuan fasilitas pengairan ini, ke depan kami lebih optimis, kendala kekurangan air dapat teratasi," tambah Trimulyono.

General Manager PLN UID Lampung, I Gede Agung Sindu Putra, menuturkan bantuan PLN Peduli merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN. Dengan adanya bantuan ini, diharapkan dapat mendukung upaya peningkatan perekonomian rakyat, khususnya masyarakat Desa Sumberjaya.

"Dengan tersedianya fasilitas pengairan pertanian ini akan menjamin ketersediaan air yang cukup dan akan sejalan dengan hasil pertanian masyarakat yang meningkat," ujar Gede.

Baca Juga: Tak Hanya Kelistrikan, PLN Juga Kembangkan Pertanian
Manfaatkan Pekarangan, Pemkot Jakbar Latih Warga Jadi Petani Hidroponik

Pada kesempatan yang sama, PLN juga memperkenalkan teknik mengembangkan pertanian dengan media hidroponik. Dengan teknik pertanian media hdroponik ini, diharapkan masyarakat dapat tetap produktif menghasilkan produk pertanian meski dengan lahan yang terbatas. Terlebih dalam kondisi pandemic Covid-19 saat ini, diharapkan dukungan ini akan sangat bermanfaat.

"Hari ini kita jadikan pembelajaran bercocok tanam dengan media hidoponik, kita manfaatkan fasilitasnya dengan baik. Semoga dengan wahana ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkas Gede.