Viral Video Pria Masukkan Minyak Goreng sebagai Bahan Bakar Truk, Ahli Ungkap Dampaknya

Pria masukkan minyak goreng ke truk sebagai bahan bakar (Instagram)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 22 November 2021 | 15:10 WIB

Sariagri - Belakangan ini viral video di media sosial memperlihatkan seorang pria tengah memasukkan minyak goreng ke truk sebagai bahan bakar. Video tersebut dibagikan melalui akun Instagram @romansasopirtruck.

Dalam unggahan berdurasi singkat tersebut, tampak seorang pria sedang mengisi minyak goreng 2 liter dengan merek Bimoli ke dalam tangki bahan bakar kendaraan. Sontak video tersebut viral dan berhasil menyita perhatian warganet.

Hingga berita ini dibuat sudah lebih dari 3 ribu pengguna yang menyukai postingan tersebut. Tak sedikit pula warganet yang merasa heran atas aksi pria tersebut. Lantas, adakah dampak penggunaan minyak goreng sebagai bahan bakar untuk kendaraan?

Ahli Ungkap Dampaknya

Seorang Dosen Departemen Teknik Mesin dan Industri Universitas Gadjah Mada (UGM) Jayan Sentanuhady menjelaskan bahwa truk dengan penggunaan mesin diesel memang bisa diisi dengan bahan bakar lain, selain solar. Bahan bakar lain tersebut seperti campuran biodiesel-solar, biodiesel B100 atau CPO.

"Bahkan minyak goreng juga bisa dipakai untuk bahan bakar mesin diesel," katanya.

Meskipun begitu, Jayan membeberkan bahwa terdapat konsekuensi ketika menggunakan minyak goreng sebagai bahan bakar truk, seperti performa mesin berkurang 10 hingga 15 persen dan dilusi bahan bakar ke pelumas lebih besar.

Menurut Jayan, biasanya bahan bakar tidak masuk ke dalam ruang pelumas. Namun, apabila masuk pun akan sangat sedikit. "Tetapi kalo pakai bahan bakar dari tumbuhan punya kecenderungan bahan bakar bisa masuk ke ruang pelumas dan bercampur dengan pelumas," terangnya.

Hal inilah yang berpotensi menyebabkan degradasi kualitas pelumas lebih cepat. "Untuk mesin dari yang saya tahu aman sih. Cuma harus sering-sering ganti pelumas," ucapnya.

Salah seorang warganet dalam kolom komentar mengatakan bahwa penggunaan minyak goreng pada kendaraan bertujuan supaya valve pada pompa bahan bakar lebih licin dan tarikan lebih enteng. Menanggapi hal itu, Jayan menjelaskan bahwa pompa bahan bakar memang menjadi terlumasi baik lantaran minyak nabati biasanya memiliki viskositas lebih tnggi.

Baca Juga: Viral Video Pria Masukkan Minyak Goreng sebagai Bahan Bakar Truk, Ahli Ungkap Dampaknya
Kilang Minyak Pertamina Sering Kebakaran, Ketua DPR Minta Audit Sistem Pengamanan

"Tapi kalau tarikan enteng saya kira tidak, karena kandungan kalor dari minyak nabati lebih rendah dari solar," ujarnya.

Oleh karenanya, Jayan menyebut penggunaan minyak goreng pada kendaraan tidak disarankan. Pasalnya hal tersebut bisa memiliki dampak negatif lebih banyak pada kendaraan.

"Yang paling benar adalah menggunakan bahan bakar sesuai rekomendasi pabrik," pungkasnya.

View this post on Instagram

A post shared by

Video Terkait