Perilaku Hemat Energi Sehari-hari, yang Mencerminkan Cinta Bumi

Ilustrasi hemat energi (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Selasa, 15 Februari 2022 | 09:00 WIB

Sariagri - Hemat energi atau konservasi energi adalah salah satu bentuk tindakan mengurangi jumlah penggunaan energi listrik, untuk suatu hal yang sifatnya tidak berguna atau tidak terpakai.

Pedoman penghematan energi terdiri dari empat, yaitu sistem tata cahaya, sistem tata udara, peralatan pendukung dan penghematan air.

Alasan mengapa kita harus hemat energi

Kebutuhan akan energi listrik menjadi salah satu hal pokok dan tidak bisa dipisahkan. Terlebih di jaman modern seperti sekarang ini. Sebagian besar energi listrik yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, masih dihasilkan dari pembakaran sumber daya yang tidak terbarukan seperti misalnya minyak bumi dan batu bara.

Menipisnya ketersediaan bahan bakar tersebut serta dampak pembakaran yang menghasilkan emisi yang mempercepat laju pemanasan global, membuat kita sebagai manusia harus sadar dan tergerak dalam melakukan efisiensi energi dan konversi sumber-sumber terbarukan.

Perilaku hemat energi

Adapun cara atau tindakan yang bisa kita lakukan, sebagai bentuk penghematan energi adalah sebagai berikut :

1. Mematikan peralatan listrik saat tidak digunakan. Contohnya: melepas charger handphone saat sedang tidak digunakan.
2. Mematikan lampu jika tidak digunakan atau pada pagi dan siang hari.
3. Mengganti alat elektronik dengan fitur hemat energi. Contohnya penggunaan lampu LED.
4. Membuka jendela di siang hari untuk menerangi ruangan.
5. Mematikan kompor jika tidak dipakai dan merawat agar nyala api sempurna.
6. Mematikan kipas angin atau AC, jika tidak ada orang dalam ruangan.
7. Menggunakan air secukupnya saja dan tidak berlebihan dan mematikan kran air jika sudah digunakan.
8. Membuat atau mendesain rumah dengan penerangan yang cukup, sehingga mengurangi penggunaan lampu.
9. Menggunakan kendaraan seperlunya untuk menghemat energi.
10. Jika memungkinkan keringkan pakaian di bawah sinar matahari langsung, tidak memakai mesin cuci.
11. Menutup pintu kulkas dengan rapat.
12. Mengikuti dan mencari tahu informasi tentang saran penggunaan alat listrik secara hemat.

Menghemat energi tidak hanya dilakukan saat kita berada di rumah, tapi juga di tempat kerja, lingkungan masyarakat atau dimanapun kita berada.

Tindakan penghematan tersebut, sepatutnya dijadikan sebagai kebiasaan kita setiap hari, sebagai bentuk mencintai lingkungan hidup.

Manfaat dalam tindakan hemat energi

Beberapa manfaat yang bisa dirasakan dengan penghematan energi ini diantaranya adalah :

1. Mengurangi Penggunaan Bahan Bakar Fosil

Manfaat pertama dari penghematan energi tidak lain adalah memberikan kontribusi dalam penurunan bahan bakar, seperti batu bara dan minyak bumi.

Kedua jenis bahan bakar sifatnya tidak bisa diperbarui, sehingga jika digunakan secara terus menerus maka besar kemungkinan bahan bakar tersebut akan habis tak tersisa.

2. Mengurangi Polusi Udara

Penggunaan bahan bakar fosil ini bisa menimbulkan polusi udara di lingkungan sekitar kita. Hal ini dikarenakan hasil pembakarannya akan mampu menghasilkan polutan udara, dan mengakibatkan timbulnya gas rumah kaca, yang berkontribusi terhadap perubahan iklim.

Oleh karena itu, dengan melakukan tindakan penghematan listrik, secara tidak langsung kamu berperan dalam mengurangi polusi udara dan dampak perubahan iklim di bumi.

3. Menghindari Resiko Arus Pendek

Salah satu tindakan penghematan energi adalah dengan mencabut alat elektronik yang tidak terpakai. Hal ini ternyata memberi manfaat terhadap pencegahan arus pendek pada listrik atau korsleting, yang dapat menyebabkan rusaknya berbagai macam alatan elektronik di rumah.

Oleh karena itu dengan mencabut kabel listrik yang tidak terpakai, maka risiko korsleting pun bisa diminimalisir.

4. Membuat Alat Elektronik Awet Tahan Lama

Secara tidak langsung, penghematan energi berdampak pada pemeliharaan alat elektronik yang kita miliki. Pasalnya dengan mematikan peralatan elektronik ketika tidak digunakan, akan membuat barang menjadi lebih awet dan memiliki umur panjang.

Baca Juga: Perilaku Hemat Energi Sehari-hari, yang Mencerminkan Cinta Bumi
Perubahan Iklim Dipredisksi Tingkatkan Penggunaan AC dan Membebani Pasokan Listrik

Misalnya saja penggunaan AC yang efisien yaitu hanya dinyalakan terus menerus, tentu AC tersebut akan penuh dengan debu dan kotoran. Seperti yang diketahui, debu dan kotoran ini mampu menghambat kinerja AC dan bisa membuat peralatan elektronik menjadi cepat rusak.

5. Mengurangi Biaya Pengeluaran

Dan manfaat lain yang bisa dirasakan secara langsung adalah berkurangnya biaya pengeluaran bulanan. Dengan menghemat listrik maka akan mengurangi tagihan listrik, sebab semakin kecil penggunaan listrik maka semakin sedikit pula biaya yang harus dikeluarkan.

Video Terkait