15 Cara Menghemat Listrik yang Bisa Diterapkan di Rumah

Ilustrasi mengisi daya (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Rabu, 16 Februari 2022 | 12:00 WIB

Sariagri - Sering kali kita dikagetkan dengan tagihan listrik yang membengkak? Jika sudah begitu, satu-satunya jalan yang bisa dilakukan adalah melakukan berbagai cara menghemat listrik agar biaya pengeluaran bisa berkurang.

Bagaimana tidak, di zaman modern seperti sekarang ini hampir seluruh aktivitas sehari-hari manusia bergantung pada listrik. Listrik sudah menjadi elemen penting dalam kelangsungan hidup manusia.

Kegiatan itu menyangkup semua hal, mulai dari hiburan, belajar hingga istirahat pun manusia membutuhkan listrik.

Cara menghemat listrik yang bisa dilakukan di rumah

Namun sebagai manusia kita harus tau dan bijak bagaimana caranya melakukan penghematan energi listrik. Selain membuat pengeluaran menjadi besar, penggunaan listrik berlebih juga dapat berpengaruh pada keadaan lingkungan hidup.

Hal ini dikarenakan penggunaan energi listrik yang memerlukan energi fosil, dapat berpengaruh meningkatnya gas rumah kaca. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut daftar cara menghemat listrik yang efektif yang dapat diterapkan di rumah.

1. Manfaatkan listrik prabayar

Menggunakan listrik prabayar merupakan salah satu cara menghemat listrik. Dengan beralih ke listrik prabayar, kamu dapat menentukan sendiri seberapa besar kira-kira pemakaian listrik di rumah tanpa harus khawatir akan kemungkinan tagihan membengkak di akhir bulan.

Baca Juga: 15 Cara Menghemat Listrik yang Bisa Diterapkan di Rumah
Perilaku Hemat Energi Sehari-hari, yang Mencerminkan Cinta Bumi



2. Mematikan lampu jika tidak digunakan

Dengan melakukan cara sederhana yaitu mengubah kebiasaan dalam menggunakan listrik bisa menjadi solusi penghematan. Biasakan untuk mematikan lampu jika sedang tidak digunakan, terutama pada siang hari. Gunakan lampu saat dibutuhkan saja yaitu pada malam hari.

3. Menggunakan barang elektronik yang hemat energi

Saat ini sudah banyak peralatan elektronik yang hemat energi. Kamu bisa beralih menggunakan barang-barang yang hemat energi. Beberapa diantaranya adalah :

- Mengganti bohlam / lampu biasa dengan lampu LED
- Mengganti TV Tabung dengan TV LED
- Memakai lampu taman tenaga surya

4. Melakukan penghematan air

Menghemat penggunaan air juga menjadi salah satu cara menghemat listrik, sehingga pengeluaran dapat diminimalisir. Gunakan air secukupnya saja, dan pastikan untuk menutup keran dengan sempurna jika sudah tidak dipakai.

5. Menurunkan suhu kulkas

Kulkas adalah barang eletronik yang menyala 24 jam non stop. Oleh karenanya bijaklah dalam menggunakan kulkas, sebab barang elektronik ini menguras energi listrik yang sangat banyak.

Untuk lebih menghemat listrik, sebaiknya turunkan suhu kulkas ketika tidak ada banyak isi di dalamnya atau kondisi kulkas terlalu dingin

6. Menggunakan AC hemat listrik

AC merupakan barang eletronik yang sangat umum digunakan banyak orang, terutama yang tinggal di wilayah perkotaan dan kawasan industri. Namun kita harus pintar dalam penggunaannya agar biaya listrik tidak menguras kantong.

Pilihlah AC yang hemat energi, dan sebaiknya gunakan temperatur diangka 22-25 derajat celcius. Suhu tersebut masuk ke dalam skala normal. Jika temperatur AC terlalu rendah, maka dapat menyebabkan peningkatan kebutuhan listrik menjadi lebih tinggi.

7. Manfaatkan ventilasi udara

Pada siang hari, maksimalkan cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah untuk penerangan, sehingga tidak diperlukan lagi lampu untuk menerangi seisi rumah. Selain itu membuka ventilasi bisa membuat sirkulasi udara di dalam rumah menjadi lebih sejuk tanpa harus menggunakan AC.

8. Mencabut steker kabel jika tidak dipakai

Tanpa disadari, kesalahan kita selama ini adalah membiarkan steker kabel yang terus menyala. Tahukah kamu bahwa steker kabel yang menyala tersebut tetap mengkonsumsi listrik lho meskipun tidak tersambung ke perangkat lain seperti televisi, hape, laptop dan lain sebagainya.

Oleh karena itu cabut stop kontak jika sedang tidak dipakai. Selain hemat listrik, mencabut steker juga merupakan pencegahan arus pendek atau korsleting.

9. Mematikan alat elektronik di malam hari

Malam hari adalah waktunya manusia untuk beristirahat. Oleh karena itu ini adalah waktu yang tepat untuk memaksimalkan penghematan listrik.

Salah satu yang bisa dilakukan yaitu tidak membiarkan mengisi daya ponsel semaleman, atau juga tidak membiarkan TV dan kipas angin menyala saat tidur. Selain untuk penghematan listrik, tips ini juga untuk memaksimalkan kualitas tidur pada malam hari.

10. Menekan penggunaan dispenser listrik

Sama halnya dengan AC dan kulkas, dispenser listrik adalah barang elektronik yang memakan daya yang besar. Oleh karena itu jangan menyalakan listrik dispenser secara terus menerus.

Gunakan dispenser hanya saat diperlukan saja atau jika memungkinkan tambahkan batu es ketika ingin minuman dingin.

11. Menghindari penggunaan mesin pengering

Indonesia adalah negara tropis. Dengan adanya sinar matahari, bisa dimanfaatkan kita untuk mengeringkan pakaian. Cara ini adalah solusi untuk penghematan listrik tanpa harus menggunakan mesin pengering yang memakan daya yang besar.

12. Menggunakan laptop, bukan komputer desktop

Saat ini penggunaan laptop dianggap lebih praktis dan efisien. Selain itu menggunakan computer desktop ternyata memakan banyak listrik saat beroperasi. Oleh karena itu beralihlah ke laptop agar lemat energi dan mudah dibawa kemana-mana.

13. Memanfaatkan fungsi tanaman

Selain mempercantik pekarangan rumah, tanaman juga bisa dimanfaatkan sebagai penghasil oksigen sehingga udara yang ada di sekitar rumah menjadi lebih segar dan sejuk.

Trik ini juga sangat berguna untuk meminimalisir penggunaan pendingin ruangan seperti AC dan kipas angin sehingga lebih hemat listrik. Oleh karena itu memperbanyak tanaman di rumah menjadi salah satu cara menghemat listrik dalam kehidupan sehari-hari

14. Menggunakan air panas saat masak nasi dengan rice cooker

Mungkin terdengar sepele, bahwa memasak nasi dengan menggunakan air panas sebagai salah satu trik menghemat listrik di rumah. Hal ini dikarenakan rice cooker ternyata menarik daya listrik cukup besar.

Selain itu cara ini juga membantu mempersingkat waktu menanak nasi sehingga aliran listrik yang dibutuhkan juga lebih sedikit.

15. Sumber daya energi alternatif

Menggunakan panel surya yang menjadi sumber energi alternatif, menjadi salah satu cara menghemat listrik yang bisa dilakukan di rumah. Panel surya menyerap panas dari matahari untuk menghasilkan energi yang bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Selain itu panel surya juga tidak memerlukan bahan bakar yang berarti tidak menghasilkan emisi gas yang menimbulkan polusi.

Video Terkait