Manfaat Energi Listrik, yang Bisa dirasakan dalam Kehidupan Sehari-hari

Ilustrasi mobil listrik lakukan pengisian. (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Kamis, 17 Februari 2022 | 07:00 WIB

Sariagri - Energi listrik adalah salah satu sumber energi yang sangat diperlukan dan tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari manusia. Bisa dikatakan bahwa kehidupan manusia pada era modern ini, tidak bisa berjalan jika tidak ada aliran listrik.

Kehadirannya menjadi sangat krusial sebab berfungsi sebagai sumber penerangan, membantu kegiatan sekolah, mempermudah pekerjaan, baik dalam rumah tangga maupun kantor.

Manfaat Energi Listrik

Energi listrik sangat berkontribusi kepada manusia. Hampir di setiap waktu dan kegiatan manusia menggunakan listrik. Berikut ini beberapa manfaat listrik yang sering kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Listrik sebagai Penerangan

Manfaat listrik pertama dan utama yang dirasakan adalah sebagai sumber penerangan. Listrik membuat dunia menjadi terang benderang. Apakah kamu bisa membayangkan jika kita hidup tanpa ada penerangan di malam hari. Tentu akan sangat sulit dan sangat menghambat kegiatan manusia.

2. Listrik Sebagai Sumber Energi

Manfaat listrik selanjutnya yaitu sumber energi. Hampir semua barang-barang yang ada di sekitar kita menggunakan energi listrik sebagai sumber energinya. Beberapa diantaranya adalah TV, kulkas, mesin cuci, AC, komputer, laptop, lampu, ponsel dan masih banayk lagi. Jika tidak ada listrik, entah bagaimana kehidupan manusia jadinya.

3. Listrik sebagai Penghasil Panas

Energi listrik juga dapat berubah menjadi berbagai energi lainnya, seperti energi cahaya, energi bunyi, energi gerak, dan juga energi panas.

Beberapa contoh pekerjaan yang menggunakan energi panas dari listrik adalah menyetrika dan memasak nasi menggunakan rice cooker. Kedua kegiatan tersebut terjadi karena perubahan energi listrik menjadi energi panas yang dialirkan melalui setrika dan rice cooker.

4. Listrik sebagai Penghasil Gerak

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, listrik dapat berubah menjadi berbagai macam energi, salah satunya adalah energi gerak. Sebagai contoh adalah kipas angin, blender, atau moda transportasi. Semua alat tersebut akan bergerak menjalankan fungsinya ketika mendapatkan listrik.

5. Listrik Sebagai Penghasil Suara

Selain penghasil panas dan gerak, energi listrik juga bisa menjadi penghasil suara. Hal ini dapat dicontohkan pada musik atau lagu-lagu yang keluar dari ponsel atau gadget lainnya.

Selain itu ada juga mikrofon dan speaker. Dengan menggunakan kedua perangkat ini, Anda bisa mendengar lebih jelas dan berbicara lebih keras tanpa harus mengeluarkan tenaga ekstra. Semua contoh itu merupakan bukti kuat dari manfaat arus listrik sebagai pengolah dan penghasil suara.

6. Listrik dalam Bidang Medis

Manfaat listrik selanjutnya yaitu dapat dirasakan dalam bidang medis. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, serta diiringi dengan pengetahuan medis, akhirnya banyak alat-alat medis muncul untuk membantu sebagai bukti inovasi dalam bidang pengobatan, seperti terapi listrik.

Pengobatan ini lebih memanfaatkan rangsangan elektrik, yang umumnya digunakan untuk menangani beberapa jenis penyakit, seperti saraf dan kejiwaan.

7. Listrik dalam Gadget

Manfaat yang tak kalah penting juga adalah mengolah data dalam perangkat. Tidak hanya dapat diubah menjadi energi cahaya dan energi gerak saja, listrik juga terlibat pada proses di dalam gadget untuk melakukan pengolahan data.

Beberapa diantaranya adalah komputer, tablet, smartphone, dan gadget lainnya. Semua perangkat tersebut membutuhkan arus listrik untuk mengisi daya agar bisa menjalankan aplikasi di dalamnya.

Kemudian arus listrik ini nantinya akan diubah menjadi energi output yang dapat menampilkan tulisan, gambar atau hal lainnya seperti yang muncul di perangkat saat ini.

Baca Juga: Manfaat Energi Listrik, yang Bisa dirasakan dalam Kehidupan Sehari-hari
8 Jenis Pembangkit Listrik Beserta Cara Kerjanya

8. Listrik dalam Olahraga

Saat ini banyak alat-alat olahraga yang mengandalkan listrik untuk membantu seseorang dalam menerapkan pola hidup sehat. Salah satu yang mulai sering digunakan saat ini adalah EMS atau Electrical Muscle Simulation.

EMS adalah alat yang menggunakan aliran listrik untuk merangsang otot-otot agar dapat bekerja lebih efektif, sehingga bisa membantu mendapatkan bentuk tubuh ideal yang minim risiko cedera.

Video Terkait