Sederet Manfaat Energi Matahari bagi Manusia yang Dapat Dinikmati

Sinar matahari sumber Unsplash

Penulis: Putri, Editor: Dera - Senin, 21 Februari 2022 | 15:20 WIB

Sariagri - Manfaat energi matahari bagi manusia sangat baik bagi kesehatan. Selain itu, energi cahaya maupun energi panas yang dihasilkan oleh matahari juga bermanfaat bagi keberlangsungan makhluk hidup lainnya, seperti hewan dan tumbuhan. 

Tidak hanya untuk kesehatan, energi matahari juga dapat dimanfaatkan untuk penggunaan teknologi, seperti listrik tenaga surya dan lampu solar.

Apa manfaat energi matahari bagi manusia? berikut ulasannya. 

1. Memperbaiki Kualitas Tidur

Tubuh manusia menciptakan hormon yang disebut melatonin yang sangat penting untuk tidur. Karena tubuh mulai memproduksinya saat hari sudah gelap, manusia akan merasa mengantuk dua jam setelah matahari terbenam, yang merupakan salah satu alasan mengapa tubuh manusia secara alami tetap terjaga di siang hari.

Menurut Select Health, sebuah penelitian menunjukkan bahwa satu jam cahaya alami di pagi hari membantu manusia untuk tidur lebih nyenyak. Sinar matahari mengatur ritme sirkadian dengan memberi tahu tubuh kapan harus meningkatkan dan menurunkan kadar melatonin. Jadi, semakin banyak paparan sinar matahari yang didapatkan, semakin baik tubuh akan memproduksi melatonin saat waktunya tidur.

2. Mengurangi Stres

Melatonin juga mampu menguragi stres dan aktivitas di luar ruangan membantu tubuh manusia secara alami menghasilkan melatonin. Dengan kata lain, kegiatan di luar ruangan seperti berjalan, joging, atau bermain di taman, mampu mengurangi stres.

3. Memberi Umur Lebih Panjang

Adapun salah satu manfaat energi matahari bagi manusia adalah memperpanjang usia. Sebuah studi yang diikuti oleh 30.000 wanita Swedia mengungkapkan bahwa mereka yang menghabiskan lebih banyak waktu di bawah sinar matahari hidup enam bulan sampai dua tahun lebih lama daripada mereka yang kurang paparan. Namun perlu lebih banyak penelitian dilakukan di bidang ini, tetapi ini adalah sesuatu yang terus dipelajari oleh para ilmuwan.

4. Penghasil Listrik

Tenaga surya juga bisa dimanfaatkan sebagai alternatif untuk menghasilkan listrik. Listrik yang berasal dari tenaga surya dikenal lebih efisien dan lebih hemat. Untuk menghasilkan listrik dari tenaga surya ini, biasanya menggunakan panel surya. Pemasangan panel surya juga tergantung dari kebutuhan.

5. Sebagai Pemanas Air

Pemanas air bertenaga surya berasal dari kolektor logam yang berbentuk plat datar berwarna hitam. Plat tersebut dikombinasikan dengan pipa logam yang diarahkan ke matahari. Panas airnya nanti berasal dari sinar yang terik. Air panas yang dihasilkan kemudian akan diteruskan ke tangki penyimpanan air. Pemanas air tenaga surya ini juga mampu menghemat listrik.

6. Mobil Tenaga Surya

Tenaga surya juga mampu mengganti bahan bakar minyak (BBM). Mobil dengan tenaga surya memang masih dalam pengembangan, namun bisa menjadi gambaran bahwa mobil tidak harus bergantung dengan BBM atau listrik. Dengan tidak menggunakan BBM, otomatis mobil bertenaga surya mampu menyimpan cadangan minyak bumi.

Baca Juga: Sederet Manfaat Energi Matahari bagi Manusia yang Dapat Dinikmati
Mengenal Matahari, Sumber Energi Terbesar dan Tanpa Batas di Muka Bumi

Selain itu, mobil bertenaga surya juga lebih ramah lingkungan. Nantinya, energi matahari ditangkap oleh panel surya yang akan menghasilkan energi yang menggerakkan kendaraan.

7. Sumber Vitamin D

Salah satu cara termudah dan terbaik mendapatkan vitamin D adalah dengan berjemur di pagi hari. Tubuh manusia memproduksi vitamin D saat terkena sinar matahari, sekitar 15 menit sudah cukup. Vitamin D membantu tubuh mempertahankan kalsium dan mencegah tulang rapuh. Oleh sebab itu, berjemur di sinar matahari mungkin merupakan hal yang paling disarankan.