Definisi dan Macam macam Energi, yang Ada di Kehidupan Manusia

Ilustrasi Pembangkit Listrik (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Rabu, 23 Februari 2022 | 08:00 WIB

Sariagri - Kehidupan manusia tidak bisa lepas dari yang namanya energi. Kedua hal ini menjadi sesuatu yang tidak dapat dipisahkan. Meskipun bentuknya susah dibuktikan karena bersifat abstrak, akan tetapi energi dapat dirasakan keberadaannya dan sangat memberi beragam manfaat. Lalu apa saja macam macam energi?

Definisi dan Macam macam Energi

Macam macam energi yang ada di muka bumi ini, sangat banyak. Namun sebelum lanjut pada bahasan tersebut ada baiknya kita mengenal definisi atau pengertian dari kata energi itu sendiri. Pada dasarnya energi merupakan suatu hal yang tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan. Keberadaannya hanya bisa diubah atau dikonversi menjadi dalam bentuk lain, sesuai dengan hukum kekekalan energi.

Secara garis besar energi dibagi menjadi dua yakni energi terbarukan dan energi tidak terbarukan. Energi sebagai kekuatan utama dalam kehidupan, terbagi lagi menurut fungsinya. Ia memiliki berbagai macam bentuk yang dimanfaatkan dan bekerja sesuai dengan kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk lebih jelasnya, mari kita sama-sama simak penjelasan lengkap mengenai macam macam energi.

1. Energi Otot

Manusia membutuhkan energi untuk kelangsungan hidup sehari-hari. Tanpa adanya energi, manusia atau makhluk hidup lainnya akan kesulitan dalam melakukan sesuatu. Hal ini dapat dilihat dari energi otot yang berasal dari tubuh manusia atau makhluk hidup lain.

Fungsi energi otot sendiri, digunakan untuk menggerakkan organ tubuh dalam melakukan beragam macam aktifitas. Tanpa kehadiran energi otot, manusia atau makhluk hidup lain, tidak bisa menggerakkan organ tubuhnya untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

2. Energi Kalor (Panas)

Energi kalor atau energi panas merupakan jenis energi yang dapat mengakibatkan terjadinya perubahan suhu maupun perubahan wujud zat tertentu. Energi panas ini umumnya merupakan hasil sampingan dari perubahan bentuk bentuk energi lainnya.

3. Energi Kinetik (Gerak)

Energi kinetik atau sering disebut juga dengan nama energi gerak merupakan salah satu dari macam macam energi. Keberadaan energi ini sangat berhubungan dengan pergerakan benda. Semakin besar kecepatan benda itu bergerak, maka semakin besar pula besaran energi kinetik yang dihasilkan.

4. Energi Potensial

Energi potensial merupakan jenis dari energi yang dimiliki oleh suatu benda, dalam berbagi bentuk. Energi ini ada dikarenakan posisi atau kedudukan benda terhadap suatu acuan. Umumnya energi ini disimpan atau belum digunakan.

Pada dasarnya, semua benda di atas permukaan bumi memiliki energi potensial. Besarnya energi potensial tersebut dipengaruhi beberapa faktor seperti gravitasi, ketinggian serta bentuk benda.

5. Energi Bunyi

Energi bunyi adalah salah satu yang dapat dengan mudah kita sadari keberadaannya. Bentuk dari energi ini dihasilkan dari suatu benda yang bergetar hingga menimbulkan bunyi. Getaran benda tersebut dapat berpindah dari udara ataupun air hingga menghasilkan bunyi.

6. Energi Cahaya

Sesuai dengan namanya energi cahaya merupakan salah satu dari macam macam energi yang diperoleh dari benda-benda yang mampu memancarkan cahaya. Salah satu penghasil energi cahaya terbesar di muka bumi ini, tentu saja berasal dari cahaya matahari. Energi cahaya matahari bisa diubah menjadi energi listrik dengan bantuan sel surya.

7. Energi Listrik

Energi listrik adalah jenis energi yang timbul karena adanya perpindahan muatan-muatan listrik dari satu arus ke arus lain. Energi ini merupakan salah satu energi yang paling banyak digunakan dalam kegiatan manusia sehari-hari. Biasanya energi ini difungsikan untuk menghidupkan alat-alat elektronik rumah tangga.

8. Energi Kimia

Sesuai dengan namanya, energi kimia adalah energi yang tercipta melalui proses reaksi kimia. Energi ini dihasilkan oleh suatu zat yang membentuk proses reaksi kimia untuk kemudian nantinya dapat diubah menjadi berbagai macam bentuk energi tertentu. Makanan yang sering kita makan juga mengandung unsur kimia di dalamnya.

Baca Juga: Definisi dan Macam macam Energi, yang Ada di Kehidupan Manusia
Definisi dan Macam macam Energi, yang Ada di Kehidupan Manusia

9. Energi Nuklir

Jenis energi ini dihasilkan dari proses reaksi nuklir. Reaksi nuklir sendiri terjadi di inti atom yang pecah atau bergabung menjadi inti atom yang lain dan partikel lain dan saling bereaksi. Energi ini jumlah dan kekuatannya sangat besar sehingga dapat digunakan sebagai pembangkit listrik.

10. Energi Pegas

Energi pegas adalah energi yang dihasilkan oleh semua benda lentur atau elastis, seperti karet atau busur panah. Saat kita memberikan gaya pada benda itu, maka energi yang dihasilkan ialah energi potensial. Sedangkan, saat dilepaskan, maka energinya berubah menjadi energi kinetik. Keberadaan energi pegas memungkinkan benda tersebut kembali ke bentuk semula usai melepaskan gaya yang diberikan.

Video Terkait