Awal Perdagangan, Harga Minyak Anjlok Lebih dari 3 Dolar AS

Kilang minyak lepas pantai milik perusahaan asing (Pixabay)

Editor: Yoyok - Senin, 28 Maret 2022 | 09:10 WIB

Sariagri - Harga minyak mentah dunia merosot lebih dari 3 dolar Amerika Serikat (AS) pada awal perdagangan Senin (28/3). Penurunan harga minyak ini terjadi di tengah prospek penurunan permintaan bahan bakar di China setelah pihak berwenang Shanghai mengatakan akan menutup pusat keuangan negara itu untuk uji coba Covid-19 selama sembilan hari.

Reuters melaporkan harga minyak mentah berjangka Brent, patokan internasional, turun serendahnya 116,18 dolar AS dan diperdagangkan anjlok 2,75 dolar AS atau 2,3 persen menjadi 117,90 dolar AS per barel pada pukul 05.15 WIB.

Sementara itu, patokan Amerika Serikat, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI), mencapai level terendah 109,90 dolar AS tak lama setelah pembukaan dan melorot 2,60 dolar AS atau 2,3 persen menjadi 111,30 dolar AS per barel. Kedua patokan harga minyak itu melambung 1,4 persen pada sesi Jumat, pekan lalu.

Baca Juga: Awal Perdagangan, Harga Minyak Anjlok Lebih dari 3 Dolar AS
Harga Minyak Melonjak, Gangguan Pipa Kaspia Picu Kekhawatiran Pasokan

Pemerintah kota Shanghai, Minggu (27/3), mengatakan semua perusahaan dan pabrik akan menangguhkan manufaktur atau membuat orang bekerja dari jarak jauh dalam penguncian dua tahap selama sembilan hari, setelah kota itu melaporkan rekor harian baru untuk infeksi Covid-19 tanpa gejala.

Semakin melemahkan permintaan bahan bakar, transportasi umum, termasuk layanan  ride-hailing,  juga akan ditangguhkan selama penguncian tersebut.

Video Terkait