DPR Ingatkan Pemerintah Soal Perubahan Konsumsi LPG Akibat Harga Naik

Ilustrasi LPG 3 kg atau gas melon. (Antara)

Editor: Dera - Kamis, 14 April 2022 | 13:00 WIB

Sariagri - Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PKS, Diah Nurwitasari menyebut kenaikan harga LPG non subsidi mengakibatkan pergeseran pola konsumsi di masyarakat.

"Kenaikan harga LPG non subsidi membuat masyarakat beralih menggunakan LPG Subsidi. Ini perlu di perhatikan secara detail oleh Pemerintah”, tegas Diah dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Menteri ESDM dan jajarannya di Gedung DPR-MPR, Senayan, Rabu (13/4).

Lebih lanjut diirnya berkelakar lapisan masyarakat sudah mengalami perubahan. Adanya pergeseran dari kondisi ekonomi masyarakat menengah saat pandemi, membuat masyarakat menengah sangat kesulitan.

“Saat terjadi PHK, ataupun kerugian dalam usaha, hal ini telah menyebabkan kondisi ekonomi masyarakat relatif menurun. Sehingga diperlukan penyesuaian data yang sangat aktual dan terverifikasi”, ungkapnya.

Baca Juga: DPR Ingatkan Pemerintah Soal Perubahan Konsumsi LPG Akibat Harga Naik
DPR: Kenaikan Harga LPG 3 Kg Bakal Jadi Kado Terpahit di Bulan Ramadan

Guna memenuhi kebutuhan energi gas yang terus meningkat, Diah mendorong Pemerintah untuk mempercepat perkembangan pelaksanaan jaringan gas di seluruh wilayah.

“Potensi gas alam Indonesia sangat besar. Hal ini perlu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh Pemerintah. Oleh sebab itu, perlu ditopang oleh kebijakan yang progresif”, pungkasnya.

Video Terkait