Antisipasi Arus Mudik, Pertamina Tambah Stok 1,2 Juta Liter BBM Per Hari

Ilustrasi BBM. (Antara)

Editor: Dera - Jumat, 29 April 2022 | 08:00 WIB

Sariagri - PT Pertamina Patra Niaga Area Retail Bandung menyiapkan 1,2 juta liter atau 20 persen tambahan bahan bakar minyak (BBM) per hari untuk mengantisipasi kekurangan BBM pada arus mudik di jalur selatan Jawa Barat.

Sales Area Manager PT Pertamina Patra Niaga Area Retail Bandung Fachrizal Imaduddin mengatakan setiap hari pihaknya menyalurkan sekitar 6 juta liter BBM di wilayah Bandung Raya dan Priangan Timur. Sehingga, kata dia, tambahan BBM perlu disiapkan untuk momen mudik.

"Jadi 20 persen itu dari 6 juta liter per harinya, itu tambah saja 20 persen, itu sudah kami siapkan, dan bahkan kita siapkan lebih dari itu," kata Fachrizal di Bandung, Jawa Barat. 

Menurutnya stok BBM sebanyak 1,2 juta liter itu disiapkan secara kontinyu di sejumlah depot seperti Depot Pertamina Ujungberung, Padalarang, dan Tasikmalaya. Dia memastikan depot-depot tersebut siaga selama 24 jam.

Pada masa arus mudik ini, ia memprediksi kebutuhan BBM akan terus bertambah per harinya seiring dengan peningkatan volume kendaraan yang menuju jalur selatan.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan layanan petugas motoris yang membawa BBM dengan menggunakan sepeda motor untuk menghampiri kendaraan yang kehabisan bensin di jalur mudik. Petugas itu bisa dihubungi ke nomor telepon 135.

Layanan tersebut, kata dia, juga menggandeng pihak kepolisian sehingga bisa bergerak ke lokasi dengan cepat. Pasalnya kendaraan kehabisan bensin hingga mogok dapat membuat perlambatan arus lalu lintas di jalur mudik.

"Jadi ada sebanyak 34 titik motoris yang bersiaga, itu mulai dari rest area di jalan tol, hingga ke jalur arteri dari Cileunyi, Nagreg, Limbangan, Ciawi, hingga Pangandaran, bahkan sampai Cilacap, Jawa Tengah," kata dia, seperti dikutip dari Antara

Baca Juga: Antisipasi Arus Mudik, Pertamina Tambah Stok 1,2 Juta Liter BBM Per Hari
Pengamat: Keputusan Naikkan Harga BBM Subsidi Kewenangan Pemerintah

Pada suasana menjelang Idulfitri 2022 ini, ia memastikan Pertamina bakal siaga selama 24 jam untuk mengawal para pemudik hingga sampai ke tujuan dengan selamat.

"Di Nagreg kami ada tempat rehat Lesehan Enduro, untuk pemudik bisa istirahat di sana, jangan dipaksakan kalau lelah," katanya.

Video Terkait