Jangan Dibuang! Sisa Sampah Buah Busuk Bisa Dijadikan Biogas

Ilustrasi Sampah Buah (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: M Kautsar - Selasa, 3 Mei 2022 | 18:20 WIB

Sariagri - Tentunya kamu pernah membuang buah yang mulai busuk. Ternyata, ada hal yang bisa kamu manfaatkan dari buah yang busuk. untuk kamu jadikan bahan baku biogas. Salah satunya adalah energi alternatif biogas yang bisa dengan mudah kamu buat di rumah.

Siapa yang menduga jika tumpukan sampah sisa buah-buahan busuk yang biasa kita buang begitu saja mampu disulap menjadi sumber energi alternatif biogas.

Dengan teknologi sederhana, buah busuk itu tidak lagi teronggok di sampah. Selain itu dengan sedikit usaha, sampah buah ini baunya tidak lagi menyengat dan tidak menimbulkan polusi.

Langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk membuat biogas adalah dengan mencacah buah menggunakan alat pencacah. Cairan dan padatan buah yang dihasilkan kemudian dipisahkan melalui dewatering, alat pemisah berupa mesin ulir yang terselubung filter penyaring.

Kemudian cairan buah segera dialirkan ke pipa PVC untuk difermentasi di reaktor, sementara bagian padatan buahnya diolah menjadi kompos.

Baca Juga: Jangan Dibuang! Sisa Sampah Buah Busuk Bisa Dijadikan Biogas
Alasan Semangka Harus Jadi Salah Satu Menu Makananmu

Fermentasi cairan buah berlangsung di dalam reaktor yang ditanam di bawah tanah. Fermentasi dilakukan dengan memanfaatkan mikroba anaerob pada suhu 30—35 derajat Celcius.

Cairan organik diubah menjadi asam oleh kelompok acidogenesis. Asam itu kemudian diubah menjadi gas metan (CH4) oleh bakteri metanogenesis dan gas metan itulah yang digunakan sebagai sumber listrik biogas.

Video Terkait