Harga BBM di AS Tembus Rekor Tertinggi Gegara Perang Rusia-Ukraina

Ilustrasi saat mobil isi bahan bakar (bbm). (Antara)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 12 Mei 2022 | 16:30 WIB

Perang Rusia-Ukraina telah menyebabkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Amerika Serikat (AS) mencapai rekor tertinggi. Harga rata-rata BBM di AS naik 4 sen menjadi 4,37 Dolar AS atau berkisar Rp63.976 per galon.

Kenaikan harga BBM yang fantastis itu diyakini akan tetap terjadi dengan atau tanpa perang di Ukraina ataupun sanksi ekonomi yang dikenakan pada Rusia.

Kepala Analisis Energi Global untuk Layanan Informasi Harga Minyak yang menyediakan data untuk AAA, Tom Kloza mengatakan harga BBM di AS bisa mendekati titik tertinggi bulan ini.

“Harga rata-rata nasional bisa dengan mudah mencapai $4,50 per galon atau bahkan lebih tinggi musim panas ini,” kata Kloza, dikutip dari CNN International.

Rusia adalah salah satu pengekspor minyak terbesar di planet ini. Pada bulan Desember mengirim hampir 8 juta barel minyak dan produk minyak lainnya ke pasar global, 5 juta di antaranya sebagai minyak mentah.

Dari total jumlah tersebut, sangat sedikit minyak yang dikirim ke AS. Tercatat, pada 2021 lalu Eropa mendapat jatah sebesar 60 persen dari minyak tersebut dan 20 persen dikirim ke Cina.

Dengan jumlah yang besar itu, hilangnya minyak Rusia kini mempengaruhi harga di seluruh dunia. Hal ini juga berdampak pada negara Barat yang memberikan sanksi ke Rusia cemas.

Video Terkait