Harga Pertalite Naik? Ini Bocoran dari Erick Thohir

Pertalite sulit ditemukan di sejumlah SPBU di Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat lebih dari sepekan terakhir. (Sariagri/Rifky Junaedi)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 18 Mei 2022 | 19:40 WIB

Sariagri - PT Pertamina (Persero) belum berencana menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite. Padahal, harga minyak mentah dunia diproyeksi mencapai USD140 per barel.

Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan, pemerintah akan mengambil posisi strategis guna mengantisipasi dampak dari kenaikan harga minyak mentah dunia. Namun, saat ini pemerintah melalui Pertamina belum berencana menaikkan harga BBM RON 90 tersebut.

Langkah strategis ini termasuk menjaga keuangan negara atau Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), lantaran Pertalite masih disubsidi pemerintah.

"Pertalite sekarang Rp7.000-an, belum ada rencana pemerintah melakukan, tapi pemerintah juga belum ada rencana, pemerintah melakukan, tapi pemerintah juga sekarang sedang menjaga keuangan negara," kata Erick Thohir, Rabu (18/5/2022).

Erick Thohir membandingkan harga BBM di Indonesia dan beberapa negara di dunia. Menurutnya, harga BBM jenis tertentu di luar negeri mengikuti harga keekonomian atau harga pasar negara setempat. Sementara, Indonesia masih di bawah harga pasar untuk BBM jenis Pertamax yakni Rp12.000 per liter.

Baca Juga: Harga Pertalite Naik? Ini Bocoran dari Erick Thohir
Harga Minyak Melonjak 5 Dolar Saat Eropa Jabarkan Embargo Energi Rusia

"Kita bicara mengenai BBM, kalo kita lihat BBM di luar negeri harganya berapa? Udah Rp60.000, macam-macam, ada Rp50.000, makanya harganya pertamax dinaikkan itupun di bawah harga pasar, yang lainnya Rp16.000, ini cuma Rp12.000 (Pertamax) jadi uda ada di situ komponen subsidi maupun yang mampu," paparnya.

Sebelumnya, Pjs Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mencatat kebijakan penyesuaian harga Pertalite merupakan kebijakan pemerintah. Irto tidak ingin berspekulasi terkait penyesuaian harga BBM inj. Pihaknya juga menolak berkomentar ketika ditanya apakah sudah ada diskusi kenaikan harga di internal Pertamina atau belum.

"Kita ikut sesuai arahan dari Pemerintah," tukasnya.