39 Tahun Tak Teraliri Listrik, ITB Buat Turbin Angin di Indragiri

Turbin angin di Indragiri. (Sariagri/Yani)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 20 Mei 2022 | 15:00 WIB

Sariagri - Mahasiswa Teknik Material Institut Teknologi Bandung membuat turbin angin atau Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Rancabali Kabupaten Bandung. Tim yang tergabung dalam Bright Wind ini merupakan program pengabdian masyarakat dari Himpunan Mahasiswa Teknik Material (MTM) yang memiliki fokus utama untuk membangun sebuah karya yang memajukan masyarakat sekitar, terutama di bidang pendidikan.

Tim Bright Wind MTM membuat turbin PLTB ini yang dapat menghasilkan listrik hingga 1 kWh. PLTB ini berdiri dibelakang SDN Kanaan, Kp. Kanaan, Indragiri, Kec. Rancabali, Kab. Bandung, Jawa Barat. Mereka berhasil mengalirkan listrik ke SD Kanaan setelah 39 tahun tidak teraliri listrik.

Dikutip dari laman ITB, Ketua Tim Bright Wind, Erlangga Muhammaddaffa mengatakan, Tim Bright Wind dibantu oleh mitra perusahaan. Mitra perusahaan ini membantu dalam proses pembuatan. Mulai dari meminjamkan bengkel workshop, membantu membuat (pabrikasi) dari rancangan gambar yang sudah ada hingga melakukan supervisi terhadap pekerjaan para mahasiswa dengan memberi arahan terkait pembuatan PLTB itu sendiri.

Setelah PLTB dibuat menjadi beberapa subassembly, Tim Bright Wind melakukan perakitan di workshop yang sama. Setelah perakitan selesai, kemudian dirasa cocok, lalu Tim Bright Wind melepas ulang PLTB tersebut yang kemudian dikirim ke SD Kanaan untuk dilakukan pemasangan kembali. Hal ini diperlukan karena mengingat medan yang dilalui untuk sampai pada lokasi sangatlah sulit.

Dalam proses pemasangan ini, tim Bright Wind diuntungkan karena pada dasarnya sudah terdapat kabel induk yang sebelumnya sudah ada. "Sebelumnya sudah terdapat pemasangan PLTS, tetapi listrik yang dihasilkan kurang efektif,” ungkap Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Material ITB (MTM ITB), Abid Afif.

Dengan adanya kabel induk tersebut maka tim Bright Wind hanya cukup menyambung panel kontrol pada kabel induk tersebut untuk mengaliri listrik ke seluruh bangunan SD Kanaan.

Baca Juga: 39 Tahun Tak Teraliri Listrik, ITB Buat Turbin Angin di Indragiri
ITB Beri Bantuan Kabin Sterilisasi Masker N95 untuk RSUD

Project Bright Wind inipun  membawa dampak dan juga perubahan untuk kelangsungan hidup masyarakat Desa Indragiri terutama para siswa. Fasilitas ini sangat membantu aktivitas belajar mengajar siswa menjadi lebih baik.

“Ketika listrik berhasil dialirkan melalui PLTB ini, anak-anak di Desa Indragiri senang dan bersemangat karena dapat melakukan senam menggunakan lagu-lagu secara elektronik,” ujar Kepala SD Kanaan, Dede Iskandar Usman.




 

Video Terkait