Pemerintah Pastikan Harga Pertalite Hingga Gas Elpiji Tidak Akan Naik

Ilustrasi BBM. (Antara)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:00 WIB

Pemerintah memastikan harga pertalite hingga gas elpiji 3 kilogram tidak naik. Hal ini seiring ditambahkannya subsidi energi dalam APBN 2022. Pemerintah berencana menaikkan seluruh subsidi dan kompensasi mencapai Rp350 triliun di atas subsidi energi sekarang yang sudah mencapai Rp154 triliun.

“Kita akan menaikan seluruh subsidi dan kompensasi. Ini semua tujuannya agar pertalite, solar, minyak tanah, LPG 3KG dan listrik bisa tetap dijaga harganya karena memang pemulihan ekonomi masih dalam tahap yang sangat awal dan harus kita jaga daya beli masyarakat yang belum sepenuhnya pulih,” ujar Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati saat memberikan keterangan pers, Jumat (20/5).

Apalagi, daya beli masyarakat hingga saat ini masih belum sepenuhnya pulih. Oleh karenanya, pihaknya memperoleh persetujuan dari Badan Anggaran (Banggar) DPR RI untuk menambah belanja Rp393 triliun.

"Yang untuk subsidi sendiri dan kompensasi Rp350 triliun, Artinya, masyarakat sebagian sangat besar semuanya terlindungi dengan tambahan Rp350 triliun tambahan subsidi kompensasi, masyarakat semua yang mengonsumsi Pertalite, Diesel, kemudian minyak tanah, LPG 3 kg, dan listrik," ujar Sri.

Diwartakan sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif saat Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi VII DPR, Rabu (13/4/2022),mengatakan dalam jangka menengah pemerintah akan melakukan penyesuaian harga Pertalite dan minyak Solar, serta LPG 3 kg sebagai respons atas kenaikan harga minyak dunia.

“Untuk jangka menengah dan panjang, akan dilakukan penyesuaian harga Pertalite, minyak Solar, dan mempercepat bahan bakar pengganti seperti KBLBB, bahan bakar gas (BBG), bioethanol, bioCNG, dan lainnya," ujar Arifin.

Video Terkait