Manfaatkan Panas Matahari, Bekasi Dorong BBWM Kembangkan Energi Terbarukan

Pemkab Bekasi dorong BUMD migas. (Antara)

Editor: Dera - Selasa, 28 Juni 2022 | 14:20 WIB

Sariagri - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mendorong perusahaan milik daerah setempat yang bergerak di bidang minyak dan gas yakni PT Bina Bangun Wibawa Mukti (BBWM) untuk dapat melakukan diversifikasi usaha di sektor energi terbarukan.

"BBWM akan kita dorong menjadi BUMD yang memproduksi listrik tenaga surya," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Selasa (28/6). 

Dia mengatakan upaya pengembangan energi terbarukan ini sejalan dengan hasil rapat kerja asosiasi daerah penghasil migas dan energi terbarukan (ADPMET) beberapa waktu lalu di Kota Manado, Sulawesi Utara.

Menurut dia diversifikasi usaha sektor energi terbarukan dapat menjadi peluang bisnis baru bagi PT BBWM mengingat struktur wilayah di Kabupaten Bekasi mampu menangkap sinyal panas matahari dari segala penjuru untuk dimanfaatkan sebagai listrik tenaga surya melalui panel.

"Bekasi ini cukup berlimpah panas matahari, kemudian dari sisi permukaan untuk bisa menangkap tenaga surya yang akan kita transform teknologi menjadi arus listrik, kita punya hamparan kawasan industri, perkantoran, dan rumah-rumah itu bisa kita manfaatkan untuk panel surya," katanya.

Di sisi lain produksi minyak dan gas perusahaan pelat merah milik Kabupaten Bekasi itu juga terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun akibat keterbatasan cadangan hasil bumi.

"Namun demikian dengan berbagai upaya, kita masih bisa bertahan atas kinerja PT BBWM yang sudah cukup bagus," ucapnya.

Dani mengaku akan melakukan kajian mendalam mengenai peluang usaha di sektor ini dengan meninjau daerah lain yang sudah terlebih dahulu mengembangkan usaha tersebut.

Dia juga meminta PT BBWM menyampaikan proposal bisnis kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi agar bisa difasilitasi daerah dari sisi permodalan.

"Saya juga sudah bicara dengan BBWM untuk menyampaikan proposal bisnisnya, jika dirasa baik akan kami bantu dorong dan fasilitasi, baik dengan modal yang dimiliki BBWM maupun kalau perlu penyertaan modal ke depan," katanya.

Baca Juga: Manfaatkan Panas Matahari, Bekasi Dorong BBWM Kembangkan Energi Terbarukan
Rencana Pengeboran Gas Perusahaan Elon Musk di Texas Terkendala Hukum

Dirinya berharap PT BBWM ke depan dapat berkontribusi dalam pemenuhan listrik masyarakat sehingga apabila kebutuhan listrik dan air sudah mampu dikelola BUMD maka akan selaras dengan cita-cita Kabupaten Bekasi.

"BBWM juga harus mampu memenuhi kebutuhan dasar listrik, paling tidak bisa memberikan kontribusi. Jadi kalau listrik dan air sudah bisa dikelola oleh BUMD yang notabenenya kepanjangan tangan pemerintah daerah, saya kira akan sangat ideal untuk Kabupaten Bekasi," kata dia, seperti dilansir Antara. 

Video Terkait